Pemerintah Optimistis Raih 15 Juta Kunjungan Wisman

Wisatawan mancanegara ke Indonesia capai 1,5 juta. (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) optimis kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) capai 15 juta hingga akhir tahun 2017. Dari angka itu asumsi perolehan devisa sebesar US$14,9 miliar, atau naik US$ 3 juta dari capaian tahun 2016.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kempar, I Gde Pitana mengatakan, pihaknya optimistis target tersebut bisa tercapai. Pasalnya, kenaikan wisman setiap bulannya terus meningkat, walaupun ada beberapa masalah yang sempat mengakibatkan wisman mengurungkan dirinya untuk pergi ke Indonesia.

“Saya optimistis bisa tercapai, walaupun harus diakui adanya penurunan jumlah kunjungan wisatawan pada bulan Oktober karena gangguan gunung Agung. Dari 22 September ke belakang gunung Agung statusnya awas. Adanya sedikit pembatalan perjalanan wisman ke Indonesia. Usaha kami adalah tidak mengatakan Bali aman, karena kami tidak tahu kapan gunung meletus. Tetapi, kami selalu mengatakan kehidupan di Bali normal. Sejak saat itu kedatangan wisman kembali normal dan tingkat cancelation pun menurun,” ungkap Pitana belum lama ini.

Menurutnya, program promosi dan pemasaran untuk mencapai target tersebut terus dilakukan. Dalam usahanya ini, kata Piatana, Kempar memanfaatkan momen World Travel Market (WTM) di ExCel London, Inggris.

“Sebanyak 48 pelaku bisnis pariwisata Indonesia, dari 7 provinsi yang difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengambil bagian di WTM London 2017. Dari tiga hari pameran, kita menargetkan 2.500 turis atau diuangkan devisa Rp 2,5 triliun. Diharapkan dengan adanya branding Wonderful Indonesia di dalam berbagai format di London seperti ini dapat meningkatkan citra destinasi Indonesia di benak masyarakat Inggris yang pada akhirnya dapat menarik minat mereka untuk berkunjung ke Indonesia,” katanya.

STEVY WIDIA

Exit mobile version