Pemerintah Targetkan 500 Pasar Tradisional Jualan Online Tahun Ini

Peluncuran Gerakan UMKM Go Online di Pasar PSPT Tebet Timur, Jakarta Selatan. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Dalam rangka pemerataan akses digital di pasar tradisional Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan 500 pasar tradisional bisa mulai berjualan secara online tahun ini. Pembinaan pedagang pasar tradisional ini merupakan bagian dari program Gerakan UMKM GO Online.

“Untuk tahun ini, targetnya ada 500 pasar tradisional yang akan kami kunjungi untuk dijadikan percontohan di seluruh Indonesia,” kata Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika, Kominfo, Semuel Pangerapan dalam siaran pers, Rabu (27/2/2019) di Jakarta.

Menurut Semuel program ini sebagai keberpihakan Kominfo untuk pengusaha UMKM agar bisa meningkatkan skala bisnis mereka. Program UMKM Go Online bertujuan untuk menciptakan 8 juta pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) untuk bersiap memasuki transformasi digital. Program tersebut juga menargetkan peluang pasar baru bagi pelaku UMKM di Indonesia untuk skala regional maupun global.

“Mereka sudah punya toko offline, jadi kalau punya toko online juga, mereka tidak hanya nunggu pembeli yang di sini tapi juga bisa pembeli di seluruh Indonesia,” ujarnya.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version