Pemprov DKI Gelar Pelatihan Kewirausahaan Bagi Generasi Muda

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat membuka acara pelatihan kewirausahan di Jakarta. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

YOUNGSTER.id - Kementerian Koperasi dan UKM bersama Dinas Koperasi dan Perdagangan Pemprov DKI Jakarta menggelar acara Pemasyarakatan dan Pelatihan Kewirausahaan. Kegiatan melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) ditujukan anggota koperasi perkampungan dan industri kecil untuk menumbuhkan semangat berwirausaha masyarakat, khususnya generasi muda.

“Kami ingin hadir untuk menguatkan yang selama ini dianggap lemah. Kami ingin hadir bagi UMKM yang selama ini tidak memiliki kesempatan. Mari kita majukan UMKM di Jakarta,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat membuka acara pelatihan tersebut belum lama ini di Jakarta.

Menurut Anis, Jakarta itu kota yang tersambungkan. “Konektivitas Jakarta itu sangat luar biasa. Sekarang kalau mau pesan Batik Betawi bisa lewat online. Mau kuliner atau semuanya bisa lewat online. Pasarnya sudah tercipta dan tersambungkan lewat teknologi. Bila UMKM memiliki manajemen usaha yang baik maka peluang pasar yang ada ini dapat dinikmati,” sambungnya.

Di acara yang juga dihadiri Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM Prakoso BS, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Kadis Koperasi dan Perdagangan DKI Jakarta Irwandi, dan lebih dari 250 pelaku UMKM di Jakarta.

“Selain pelatihan, pendampingan juga penting. Bahkan, ke depan kita harus memastikan akan ada program mentoring. Sandiaga memiliki pengalaman panjang dalam membangun dan mengembangkan UMKM selama ini,” kata Anies lagi.

Gubernur DKI itu juga berharap agar para pelaku UMKM di Jakarta jangan pernah khawatir karena ukuran. “Sekarang kita kecil. Suatu hari nanti bisa meningkat menjadi menengah dan besar. Yang sekarang besar, dulunya juga kecil merangkak. Semua ada proses dan pertumbuhannya,” tandasnya.

Kunci suksesnya, lanjut Anies, para pelaku UMKM harus berpikir out of the box atau berpikir yang tidak terbayangkan oleh orang lain. Kerjakan hal-hal unik yang tidak terbayangkan orang lain dan lakukan terobosan-terobosan menarik. “Jadi, kreativitas sangat penting sekali. Saya berharap kerja keras, kreativitas, manajemen yang baik, harus menjadi bagian dari karakter wirausaha kecil dan mikro di Jakarta,” tutur Anies lagi.

Sementara itu, Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno menegaskan bahwa UMKM, kewirausahaan, dan penciptaan lapangan kerja akan menjadi program utama dari Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru. “Menjadi pemerintah itu harus berpihak kepada rakyat. Kepemimpinan Anies-Sandi akan akan menunjukkan keberpihakan kepada UMKM,” kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, membangun UMKM dan lapangan kerja perlu tiga hal. Pertama, lahan usaha, termasuk pasar. Peluang pasar harus dihadirkan. UMKM harus hadir dalam menciptakan produk-produk souvenir bagi turis asing yang datang ke Jakarta.

Kedua, SDM harus dipastikan bagus. Terlebih lagi sekarang sudah zaman teknologi. SDM harus melek teknologi agar bisa naik kelas dari mikro ke kecil, dari kecil ke menengah, menengah jadi besar. Jangan yang kecil jadi gurem dan jalan di tempat. Ketiga, akses permodalan bisa ditopang dengan baik. “Dinas Kominfo Pemprov DKI juga akan mendata UMKM karena sebuah kebijakan nantinya akan berbasis data”, tandas Sandiaga.

 

FAHRUL ANWAR