Pemprov DKI Jakarta Gelar Buka Bersama 242 RT di Jakarta

Pemprov DKI Jakarta gelar buka puasa bersama 242 RT. (Foto: istimewa)

youngster.id - Pemprov DKI Jakarta pada Ramadhan 1440 H menggandeng kembali  Dompet Dhuafa  dan sejumlah lembaga kemanusiaan lainnya untuk berbagi keberkahan melalui program “Ramadhan Indahnya Berbagi” kepada masyarakat Jakarta.

“Alhamdulillah hari ini kita kembali menjalankan kegiatan buka bersama Jakarta Bahagia. Di kerja sama kali ini ada unsur pemerintah, lalu unsur masyarakat, baik dari Dompet Dhuafa, Aksi Cepat Tanggap, dan juga Rumah Zakat. Serta, sekarang komponen BAZNAS BAZIS juga ikut terlibat, dan kita akan menyelenggarakan di 242 RT di seluruh Jakarta kegiatan buka bersama,” kata Anies Baswedan Gubernur Provinsi DKI Jakarta usai menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama terkait sinergi agenda Iftar (Buka Puasa Ramadhan) bersama masyarakat dhuafa Selasa (14/5/2019) di 242 RT wilayah Jakarta bertempat di Balaikota, Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun memberikan dana dukungan senilai Rp 1 miliar tersebut secara simbolis. Anies juga mengajak seluruh warga Jakarta untuk ikut berpartisipasi dalam memfasilitasi makanan berbuka puasa bagi masyarakat yang kurang mampu

Baca juga :   Zilingo Janji Bawa Produk Fashion Lokal ke Mancanegara

“Perlu saya garis bawahi, Jakarta ini ada ironi. Sebagian bisa berbuka puasa dengan makanan yang sering berlebih (dan), sebagian justru berbuka dalam kondisi kekurangan. Karena itu, kami berharap lewat lembaga-lembaga ini, bukan saja kegiatan di 242 lokasi,  tetapi kita ingin mengundang kepada seluruh masyarakat Jakarta untuk ikut memfasilitasi bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan makanan berbuka puasa. Dari sisi Pemprov, lewat Baznas Baziz menyalurkan satu miliar rupiah,” ungkap Gubernur Anies”, tambah Anies Baswedan.

Kegiatan buka puasa ini akan digelar pada masjid-masjid yang berlokasi di 242 Rukun Tetangga (RT) pada lima wilayah Kota dan satu Kabupaten Administrasi.

Tak hanyaYayasan Dompet Dhuafa, Pemprov DKI Jakarta juga berkolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat seperti Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Baznas Bazis, dan Yayasan Rumah Zakat.

“Alhamdulillah ini merupakan kali keduanya Pemprov DKI Jakarta mempercayai Dompet Dhuafa untuk dapat berbagi kebahagian kepada masyarakat Jakarta. Dengan menyelenggarakan kegiatan Iftar pada setiap wilayah kemiskinan di Jakarta, semakin menguatkan kepedulian dan kebaikan, juga menjadi solusi terhadap masalah kemiskinan. Kolaborasi ini merupakan amanah besar. Maka, untuk mensukseskan dan merealisasikan program tersebut, Dompet Dhuafa mengajak seluruh masyarakat Jakarta berkontribusi.” ucap drg. Imam Rulyawan MARS, selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.

Baca juga :   Alfacart Targetkan Perluasan Jaringan Bagi UKM

Penentuan masjid atau tempat pelaksanaan pada lokasi tersebut berdasarkan kesepakatan masing-masing Yayasan dengan Walikota/Bupati Administrasi. Masing-masing Yayasan juga diharuskan menyediakan posko umum bagi masyarakat yang ingin menyumbang dalam bentuk beras, bumbu, sayuran, atau bentuk lainnya dalam rangka mendukung acara Buka Puasa Bersama khususnya dengan masyarakat kurang mampu.

Pemberian buka puasa ini dilaksanakan secara berturut-turut selama lima hari di masing-masing RT tersebut, mulai dari 15 – 27 Mei 2019 mendatang.

Adapun lokasi pelaksanaan Buka Puasa Bersama yang dilaksanakan sebagai berikut:

1). Yayasan Aksi Cepat Tanggap :

– 28 RT di Kota Administrasi Jakarta Timur

– 50 RT Kota Administrasi Jakarta Utara.

– 4 RT di Pulau Panggang, Kabupaten Administrasi Kepulauan

Seribu

2). Yayasan Dompet Dhuafa Republika :

– 72 RT Kota Administrasi Jakarta Barat

– 4 RT di Pulau Pari, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

3). Rumah Zakat :

– 30 RT Di Kota Administrasi Jakarta Selatan

– 48 RT di Kota Administrasi Jakarta Pusat

– 6 RT di Pulau Kelapa, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Baca juga :   Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

FAHRUL ANWAR