Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Pendapatan Bukalapak Naik 29% pada Kuartal Ketiga 2023

28 Oktober 2023
in News
Reading Time: 2 mins read
Mitra Bukalapak

Pendapatan Bukalapak Naik 29% pada Kuartal Ketiga 2023 (Foto: Istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Perusahaan e-commerce Bukalapak mengumumkan kinerja keuangannya (yang tidak diaudit) pada kuartal ketiga tahun 2023, di mana pendapatannya meningkat 29% YoY mencapai Rp1.158 miliar.

Sementara itu, Beban Umum dan Administrasi (G&A) di kuartal ketiga (tidak termasuk kompensasi berbasis saham) sebesar Rp 311 miliar, menurun 21% YoY. Sedangkan Kas, setara kas, dan investasi lancar mencapai Rp19,7 triliun per 30 September 2023.

Presiden Bukalapak, Teddy Oetomo mengatakan, pihaknya senang dengan hasil kuartal ketiga tahun 2023 ini, terutama terhadap peningkatan Margin Kontribusi yang hampir 6 kali lipat.

“Seiring dengan bukti nyata bahwa bisnis Marketplace dan operasional O2O kami terus memberikan hasil yang baik di semua app dan platform, kami masih di dalam jalur yang tepat menuju target kami mencapai profitabilitas di kuartal-kuartal selanjutnya setelah meraih perbaikan EBITDA yang Disesuaikan selama 7 kuartal berturut-turut. Setelah hal itu tercapai, kami dapat berfokus untuk secara konsisten tumbuh menuju profitabilitas di 2024 dan 2025,” kata Teddy, dikutip Sabtu (28/10/2023.

Baca juga :   Ada 150 Penggerak Edukasi Transaksi "Online" di Bukalapak

Di kuartal ketiga 2023, Bukalapak berhasil meningkatkan take rate sebesar 64 basis poin menjadi 2,82% dari 2,17% pada periode yang sama tahun sebelumnya yang didorong oleh peningkatan dalam penyediaan dan efisiensi rantai pasokan. Terdapat potensi untuk meningkatkan take rate karena manfaat dari berbagai produk dengan take rate yang lebih tinggi dapat dirasakan di seluruh platform di masa mendatang.

EBITDA yang Disesuaikan Bukalapak mencapai -Rp95 miliar pada kuartal ketiga tahun 2023, meningkat 71% dari tahun sebelumnya. Angka tersebut mencerminkan peningkatan sebesar 18% dari proyeksi rata-rata awal yang diberikan bersamaan dengan hasil kinerja tahun 2022, di mana diproyeksikan adjusted EBITDA loss sebesar Rp100 miliar hingga Rp125 miliar untuk kuartal ketiga.

Hasil kinerja operasional, pendapatan Marketplace tumbuh 57% year-over-year (YoY) menjadi Rp635 miliar. Take rate di lini bisnis ini meningkat sebesar 109 basis poin menjadi 2,96% di kuartal ketiga dari 1,87% pada periode yang sama tahun sebelumnya, yang didorong oleh peningkatan dalam penyediaan dan efisiensi rantai pasokan.

Baca juga :   Bukalapak Raih GMV US$15 Miliar di 2019

Margin kontribusi keseluruhan (dihitung sebagai pendapatan dikurangi beban pokok pendapatan / beban penjualan dan pemasaran) mengalami peningkatan sebesar 492% YoY karena biaya penjualan dan pemasaran menurun. Margin Kontribusi tumbuh menjadi Rp182 miliar pada kuartal ketiga dari Rp31 miliar pada periode yang sama tahun lalu, dengan Margin Kontribusi di bisnis O2O mencapai angka positif untuk pertama kalinya di bulan September 2023. Di bisnis Marketplace, Margin Kontribusi (sebagai persentase dari TPV) telah meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun lalu ke 1,03%.

Sebanyak 73% dari TPV perusahaan berasal dari luar wilayah Tier 1 di Indonesia. Dari sini terlihat jelas manfaat ganda dari model penetrasi all-commerce dan tren digitalisasi toko ritel tradisional.

Baca juga :   Latih Kepemimpinan Bagi Anak Muda, Bukalapak Akan Gelar “Bukalapak Forum Indonesia Muda”

Menurut Teddy, Bukalapak berhasil menerapkan strategi untuk mencapai pertumbuhan yang lebih kuat menuju profitabilitas dan pertumbuhan berkelanjutan diiringi dengan pengelolaan beban dan pengeluaran. Rasio beban umum dan administrasi (tidak termasuk Kompensasi Berbasis Saham) terhadap TPV selama 9 bulan ini meningkat menjadi (0,8%) dari (1,0%) pada periode yang sama tahun lalu.

”Setelah mencapai hasil yang baik di 9 bulan pertama di tahun 2023, kami sangat fokus untuk terus mencapai kinerja yang baik di sisa tahun ini. Kisah ekspansi margin terus berlanjut dan bisnis kami memiliki momentum yang baik serta peluang pertumbuhan yang sangat baik di masa depan. Pertumbuhan menuju profitabilitas secara berkelanjutan tetap menjadi komitmen utama kami, dan kami optimis dapat terus mewujudkan hal ini bagi para pemegang saham secara jangka panjang,” tutup Teddy.

 

STEVY WIDIA

Tags: BukalapakmarketplaceMitra Bukalapak
Previous Post

Telkomsel Jajaki Bisnis E-Commerce, Layanan Perdana Bundling iPhone 15

Next Post

Startup Influence ID Tangkap Besarnya Potensi Pasar Influencer Marketing di Indonesia

Related Posts

Transaksi e-Commerce Diproyeksi Bisa Capai Rp1,2 Triliun, Ini Ide Jualan Yang Bakal Tren di 2025
News

Pemerintah Pungut Pajak Digital Lewat E-Commerce

15 Juli 2025
0
BukaTabungan
News

Bukalapak Tutup Layanan Marketplace, Tinggal Jualan Produk Virtual

8 Januari 2025
0
e-commerce
Headline

Inilah Marketplace Pilihan Brand Lokal dan UMKM di 2024

15 November 2024
0
Load More
Next Post
InfluenceID

Startup Influence ID Tangkap Besarnya Potensi Pasar Influencer Marketing di Indonesia

Nadia Omer - airasia MOVE

Nadia Omer Ditunjuk sebagai Chief Executive Officer airasia MOVE

convenience store

Merevolusi Convenience Store dengan Solusi Teknologi Berbasis AI

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version