youngster.id - Pendapatan iklan YouTube dikabarkan mencapai US$8,6 miliar atau sekitar Rp123,3 triliun mengalahkan platform Netflix.
Dikabarkan, platform video milik Google itu berhasil mendapatkan US$28,8 miliar atau Rp413,2 triliun pada tahun 2021. YouTube juga mengungguli Netflix dalam hal pendapatan kuartal, dengan menghasilkan US$ 8,6 miliar pendapatan iklan di kuartal ke-4.
“Pendapatan kuartal keempat kami sebesar US$75 miliar, naik 32% dari tahun lalu. Ini mencerminkan kekuatan berbasis luas dalam pembelanjaan pengiklan dan aktivitas online konsumen yang kuat, serta pertumbuhan pendapatan berkelanjutan yang substansial dari Google Cloud,” ungkap CFO Google Ruth Porat yang dilansir Hollywood Reporter, baru-baru ini.
Pada kuartal yang sama di tahun sebelumnya, YouTube menghasilkan US$6,9 miliar atau Rp98,8 triliun dari pendapatan iklan.
Sebagai perbandingan, Netflix menghasilkan pendapatan US$7,7 miliar atau Rp110,4 triliun pada kuartal ke-4 tahun 2021, sementara di tahun sebelumnya menghasilkan US$6,6 miliar atau Rp94,6 triliun.
Secara keseluruhan, Alphabet Inc yang merupakan perusahaan induk Google melaporkan pendapatan US$75,3 miliar atau Rp1.080 triliun) untuk kuartal tersebut dan US$257,6 miliar atau Rp3.696 triliun untuk tahun ini, dengan iklan pencarian Google yang masih merupakan bagian terbesar dari pendapatan.
STEVY WIDIA