Pengadaan Jasa Mendominasi 80% Aktivitas Procurement di Indonesia

Chief Executive Officer (CEO) Mbiz Rizal Paramarta . (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Pengadaan jasa ternyata lebih mendominasi di dalam pengadaan perusahaan-perusahaan di Indonesia selama semester satu 2018. dapun untuk jenis industri, perusahaan dari industri Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) menjadi pelaku usaha yang paling banyak menyelenggarakan pengadaan jasa.

Fakta ini diungkapkan perusahaan rintisan penyedia layanan e-procurement di Indonesia, Mbiz.co.id. Mereka mendapati bahwa perbandingan pengadaan barang dan jasa selama satu tahun ini adalah 20% berbanding 80%.

“Ketatnya persaingan bisnis di era ekonomi digital tak hanya mendorong ketatnya persaingan antar pelaku usaha di industri e-commerce, namun juga pelaku industri konvensional. Mereka dituntut untuk menjalankan program pemarasan efektif guna keberlangsungan bisnis. Kreativitas untuk memikat konsumen dalam aktivasi pemasaran banyak diyakini sebagai salah satu kunci keberhasilan pemasaran, terutama untuk mendukung penjualan produk-produk consumer. Tidak mengherankan jika pengadaan jasa terkait aktivitas pemasaran mendominasi kegiatan tim procurement di perusahaan-perusahaan di Indonesia pada tahun ini,” ungkap Rizal Paramarta, CEO Mbiz co.id dalam keterangannya, Jumat (23/11/2018) di Jakarta.

Jenis jasa yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia selama setahun ini sangat beragam. Kebutuhan terhadap jasa Customized item adalah yang paling tinggi. Perusahaan-perusahaan FMCG maupun perusahaan-perusahaan rintisan berbasis digital yang memiliki produk atau layanan yang harus disosialisasikan banyak mencari dan menggunakan barang promosi dalam peluncuran produk, aktivitas pemasaran, serta kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan konsumen mereka.

“Selain itu, Jasa penyediaan Manpower juga menjadi jasa yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di tahun ini. Kebutuhan di bidang jasa ini beragam, dari jasa layanan kebersihan, jasa tim keamanan, hingga jasa penyediaan Sales Promotion Girl (SPG). Khusus untuk kebutuhan jasa SPG, mal menjadi jenis usaha yang paling banyak membutuhkan jasa ini. Kebutuhan jasa lainnya yang menonjol di tahun ini adalah kebutuhan jasa call center, asuransi, dan jasa pemeliharaan gedung,” tutur Rizal.

Sementara untuk kebutuhan pengadaan barang, jenis-jenis produk yang dibutuhkan tidak banyak berubah dari tahun-tahun sebelumnya. Kebutuhan kantor terhadap pengadaan komputer – desktop PC maupun notebook, kendaraan bermotor untuk operasional seperti motor dan mobil maupun truk, serta perlengkapan kantor sehari-hari seperti bangku dan kursi.

Untuk memperkuat perannya sebagai penyedia solusi total e-procurement B2B, Rizal menegaskan, Mbiz.co. id dilengkapi dengan sistem persetujuan online, serta strategi, inisiatif, dan kreativitas yang terintegrasi untuk menghadirkan efisiensi tinggi dalam bertransaksi online. Mereka juga menawarkan harga kompetitif dan transparan melalui sistem pembayaran yang bisa dilakukan dari mana dan kapan saja. Seluruh transaksi dijamin akan tercatat secara aman dan siap digunakan untuk keperluan pelaporan perusahaan yang transparan dan akuntabel.

“Kami hadir di Indonesia dengan layanan solusi total e-procurement yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Dengan beragam kategori yang tersedia di situs dari kalangan korporasi dapat menikmati pilihan luas dalam berbelanja barang dan jasa dari vendor-vendor terpercaya, dari belanja produk peralatan industri, TI & elektronik, jasa produksi barang-barang terkustomisasi, hingga jasa event organizer atau pun jasa-jasa unik dan spesifik untuk keperluan kantor dan bisnis,” pungkasnya.

STEVY WIDIA

Exit mobile version