Pengguna Aktif Bulanan Duolingo di Indonesia Meningkat 40% YoY 2022

Duolingo

Pengguna aplikasi Duolingo. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Aplikasi bahasa Duolingo telah memasuki usianya yang ke 10 tahun dan memiliki 500 juta pengguna aktif secara global. Aplikasi  ini menawarkan 41 ragam bahasa untuk dipelajari, mulai dari Spanyol, Prancis, Jerman, dan Jepang hingga Navajo dan Yiddish. Bahkan ada bahasa buatan atau fiksi, seperti  Klingon dan High Valyrian.

Laporan Duolingo menunjukan peningkatan pengguna aktif bulanan sebesar 40% YoY pada Januari 2022 di Indonesia.

“10 tahun adalah pencapaian besar bagi Duolingo. Sebagai salah satu pangsa pasar internasional utama kami, pengguna aktif bulanan di Indonesia meningkat sebesar 40% YoY pada Januari 2022 dengan rata-rata waktu tertinggi yang dihabiskan dalam menggunakan aplikasi, yaitu 19,5 menit sehari. Sekarang, Duolingo juga telah digunakan sebagai standar tes kecakapan bahasa Inggris untuk persyaratan pendidikan di Indonesia,” kata Haina Xiang, Marketing Director of APAC, Duolingo dalam keterangan pers, Kamis (23/6/2022).

Dia mengungkapkan, berdasar data Duolingo, alasan utama mengapa orang Indonesia suka belajar melalui aplikasi adalah karena menurut mereka Duolingo dapat menunjang kebutuhan sekolah, pekerjaan, atau untuk membantu menyegarkan ingatan mereka tentang kosakata bahasa lain.

“Mereka percaya bahwa aplikasi pembelajaran bahasa dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan bahasa mereka. Belajar bahasa juga dapat membangun fondasi pengetahuan yang kuat yang dapat memberi mereka kesempatan yang lebih baik untuk masa depan,” kata Haina.

Kehadiran Duolingo membantu pengguna untuk mendapatkan semua konten yang diperlukan dalam genggaman tangan. Transfer pengetahuan baru dalam bentuk gamifikasi pembelajaran multimedia interaktif ini juga memungkinkan untuk menjelaskan berbagai topik dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, dapat membawa aspek positif lain bagi pengembangan diri pengguna.

“Kami sangat berbahagia melihat banyak pengguna yang merasa terbantu dengan kehadiran Duolingo dan kami berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik hingga 10 tahun berikutnya untuk mendukung mereka dalam mencapai tujuan dari proses belajar mereka  kata Haina.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version