Pengguna Google Search Tumbuh 5% Per Tahun

(ki-ka) ​ Mira Sumanti, Product Marketing Manager, Search & Maps, Google Indonesia​; ​ Sasha Sunu, Product Marketing Manager, Google Play, Google Indonesia​; ​ Putri Silalahi, Head of Products Communications, Google Indonesia​; ​ Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia​ menunjukkan masing-masing fitur dari produk Google untuk mendukung kegiatan selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. (Foto: dok.Youngsters.id)

youngster.id - Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi terjadi peningkatan penggunaan mesin pencari. Bahkan Google Indonesia mengungkapkan tingkat pencari konten melalui Google Search mengalami pertumbuhan hingga 5% per tahun.

Markerting Manager Google Search, Mira Sumanti mengatakan selama ini minat pencarian konten di Google bagi orang Indonesia kebanyakan adalah penyusuran konten musik, makanan, film dan hiburan serta travel.

Berdasarkan riset Google pada tahun lalu, pencarian konten travel (angkutan pesawat/kereta api dan akomodasi) terbanyak terjadi 2 kali dalam satu tahun yakni pada momen Ramadhan dan liburan akhir tahun.

“Tahun lalu di 2 momen tersebut, destinasi yang paling dicari di Google adalah Jakarta, disusul Bali, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Bandung,” kata Mira dalam siaran pers Google #SelaluTauLiburanPas baru-baru ini.

Sedangkan tujuan wisata yang paling dicari melalui Google Search pada tahun lalu yakni Padang, Bangka Belitung, Pangandaran, Bukit Tinggi dan Berastagi.

Selain itu, ada 3 hal yang menjadi perhatian Google untuk terus memperbaiki fitur maupun informasi bagi pengguna internet, di antaranya adalah masalah kecepatan dalam pencarian sebuah informasi, percakapan dengan berbagai bahasa serta pembaharuan konten-konten yang diminati masyarakat.

“Soal kecepatan, sekarang Google bisa mempermudah pencarian misalnya saat pencarian lalu jaringannya lemah, maka koneksi tidak akan putus dan hasil pencarian konten tetap tersimpan,” katanya.

Sedangkan faktor percakapan, lanjut Mira, Google telah banyak menyiapkan teknologi berbagai bahasa dan suara bahkan Google sudah mampu mengidentifikasi bahasa Jawa. Selain itu, Google telah melengkapi fitur untuk membantu masyarakat dalam mengambil keputusan informatif sebelum melakukan perjalanan wisata.

Mulai dari pilihan hotel, informasi berupa foto lokasi, ulasan, sampai harga yang ditampilkan di setiap akomodasi yang ada. “Seperti tahun-tahun sebelumnya pada bulan-bulan November seperti sekarang ini banyak masyarakat Indonesia mulai mencari dan merencanakan liburan akhir tahun, jadi kami mendesain aplikasi Google untuk membantu mengambil keputusan dengan cepat,” katanya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version