Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Penjualan Layanan Digital XL Tumbuh 40,4%

27 Agustus 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
Penjualan Layanan Digital XL Tumbuh 40,4%

Chief Digital Services Officer XL, Joseph Lumban Gaol: Bidik Kalangan UKM, XL Tawarkan Layanan Mobile Broadband XL Biz (Foto: XL/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Berdasarkan laporan kinerjanya di semester 1 2016 disebutkan Layanan Digital (Digital Services) PT XL Axiata Tbk (XL) mengalami pertumbuhan penjualan sebesar 40.4% YoY.

“Saat ini kontribusi dari layanan digital pada pendapatan perusahaan masih kurang dari 5%. Ke depannya, target kontribusi ini dapat meningkat di angka di atas 5%. Kami harus bekerja keras dan yakin akan bisa mencapainya,” jelas Joseph Lumban Gaol, Chief Digital Services Officer XL, dalam acara Digital Economy Empowerment di Jakarta. Jumat (26/8).

Untuk mampu mencapai target memperbesar kontribusi pendapatan bagi perusahaan, XL berusaha terus meningkatkan kualitas layanan digital yang ada di paruh kedua 2016 ini..

Dijelaskan Joseph, untuk mencapai target tersebut, ada tiga hal yang akan diterapkan oleh XL sepanjang semester 2 tahun ini. Pertama, fokus di beberapa inisiatif transformasi XL yang sudah ada dan sangat relevan dengan dunia layanan digital. Misalnya, di semester 2 nanti, XL akan gencar memasarkan solusi mobile broadband berbasis 4G untuk pasar SME.

Baca juga :   Dukung Layanan Digital, XL Implementasikan Teknologi 4,5G

Kedua, mempercepat transformasi organisasi untuk menuju sales/market centric organization. Salah satu bentukannya adalah dengan membentuk tim khusus yang menangani SME market.

“Ketiga, terus berupaya dan konsisten dalam membangun ekosistem layanan digital demi mendukung program ekonomi digital pemerintah. Misalnya dari sisi PP 82 tahun 2012,” ucap Joseph.

Terkait dengan layanan digital yang dimiliki oleh XL saat ini, secara umum terbagi dalam 11 kategori, yaitu Cloud & Data Center, Mobile Finance, Mobile Banking, Mobile Advertising, dan Internet of Thing (IoT). Lalu ada elevenia, layanan korporate seperti CUG, layanan MPLS dan Leased Lines, Mobile Broadband (MBB), Digital Entertainment, dan Solution Selling/Business Development.

Hingga saat ini, layanan yang paling banyak diakses oleh pelanggan adalah layanan Digital Entertainment atau Value Added Services (VAS). Jumlah pelanggannya mencapai sekitar 3 juta dan terus meningkat.

Baca juga :   KoinWorks Resmi Jadi Penyelenggara Aggragator Keuangan Digital

Untuk lebih memacu penjualan VAS, maka di semester ini, XL tengah melakukan peningkatan kualitas. Antara lain dengan memperbaharui fitur keamanan dan sisi kenyamanan yang ada. XL akan membuat aplikasi dan portal di mana pelanggan bisa mengetahui dengan jelas layanan apa saja yang bisa dinikmati. Pelanggan juga dapat mengelola layanan VAS mereka tanpa rasa khawatir. Nomor pelanggan yang menikmati layanan VAS pun dijamin tidak akan terekspos ke penyelenggara layanan.

 

Prospek XL Tunai  

Pada ranah produk layanan Mobile Finance, yaitu XL Tunai, XL mampu menempatkan layanan e-money ini sebagai salah satu yang terbaik yang ada di Indonesia. Berdasarkan laporan audit dari Bank Indonesia tentang remittance, XL mendapatkan predikat sebagai operator e-money terbaik di kategori Telco.

Saat ini terdapat lebih dari 1,8 juta pengguna layanan XL Tunai yang ada, dan jumlahnya diharapkan akan terus meningkat sejalan dengan program transformasi XL Tunai yang baru saja dicanangkan. Tiga terbanyak transaksi XL Tunai adalah untuk pembelian pulsa prabayar, transfer dana, serta pembayaran belanja. Lebih dari 200 merchant/biller telah bekerjasama dengan XL Tunai dan akan terus bertambah sesuai dengan segmen yang disasar.

Baca juga :   KIOS Berencana Rights Issue untuk Pengembangan Bisnis Perseroan

Ke depan dengan adanya program transformasi XL Tunai, layanan ini akan dikembangkan untuk dapat masuk ke sektor-sektor yang menjanjikan seperti transportasi, property, dan komunitas.

Pengembangan baru yang akan disasar, misalnya mengimplementasikan e-money berbasis aplikasi mobile dengan fitur-fitur yang relevan dan customer centric. Juga, menambah kemitraan yang ada dengan lembaga keuangan baik di pusat maupun di daerah. “Harapannya, 60 juta transaksi yang ada akan terus meningkat secara eksponensial,” pungkas Joseph.

 

RADEN DIBI IRNAWAN

Tags: Joseph Lumban GaolLayanan Digital XLlayanan VASXL Tunai
Previous Post

Di Startup Weekend Jakarta, Anak Muda Bisa Bikin Startup Digital Dalam 54 Jam

Next Post

Kompetisi Inovasi Produk Kreatif Kembali Digelar

Related Posts

Dukung Layanan Digital, XL Implementasikan Teknologi 4,5G
Headline

Dukung Layanan Digital, XL Implementasikan Teknologi 4,5G

13 Oktober 2016
0
Xtra Berkah Dari XL Selama Ramadhan
News

XL Raih Predikat Operator E-Money Terpatuh

30 Agustus 2016
0
Load More
Next Post
Kompetisi Inovasi Produk Kreatif Kembali Digelar

Kompetisi Inovasi Produk Kreatif Kembali Digelar

ITB Buat Mesin Penyinaran Buatan Untuk Pembatik

ITB Buat Mesin Penyinaran Buatan Untuk Pembatik

BebasBayar, Asisten Pembayaran Digital Dengan Rewards

BebasBayar, Asisten Pembayaran Digital Dengan Rewards

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version