Peran Teknologi Kecerdasan Artifisial Dalam Raih Loyalitas Konsumen

Mitsubishi Virtual Assistance

Peluncuran Mitsubishi Virtual Assistance. (Foto: istimewa)

youngster.id - Beragam industri menjadikan Ramadan sebagai momentum untuk menyajikan kampanye andalan yang akan menghasilkan customer engagement. Di sisi lain, peran teknologi kecerdasan artifisial memiliki daya jangkau luas dalam mendukung bisnis untuk menggali lebih dalam apa yang sesungguhnya konsumen butuhkan.

CMO & Co-Founder Kata.ai Reynir Fauzan menyampaikan, peran teknologi kecerdasan artifisial memiliki daya jangkau luas dalam mendukung bisnis untuk menggali lebih dalam apa yang sesungguhnya konsumen butuhkan.

“Kemampuan AI dapat diciptakan secara khusus untuk menuntaskan masalah dari bermacam industri secara spesifik, sehingga penerapan ini akan menjadi sustainable investment kedepannya, hal ini dikarenakan AI mampu memberikan insight & learning secara berkala, sehingga bisnis kedepannya dapat mengasah strategi pendekatan kepada konsumen menjadi lebih tajam dan relevan,” kata Reyner dalam webinar Winning and Nurturing Customer Loyalty Throughout the Year” yang digelar Kata.ai dan PT Mitra Integrasi Informatika (Metrodata Group) Rabu (20/4/2022).

Diskusi ini membahas  mengenai kekuatan teknologi terhadap pengembangan strategi bisnis untuk meraih loyalitas konsumen dalam jangka panjang. Selain Reyner hadir Herryanti Herman, Director PT Mitra Integrasi Informatika (Metrodata Group), Intan Vidiasari, GM Marcomm & PR PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia. Dalam acara ini para narasumber berdiskusi mengenai bagaimana teknologi AI dapat diimplementasikan dalam meningkatkan loyalitas konsumen terhadap industri telekomunikasi, FMCG, ritel, bank, jasa keuangan, otomotif, dan kesehatan.

Menurut Reyner, dengan penerapan strategi yang berbasis data serta tingginya tingkat konsumsi masyarakat di bulan Ramadan, momentum ini dapat digunakan bisnis untuk memahami konsumen lebih dalam.

Salah satu contoh penerapan chatbot yang bertujuan meraih customer loyalty adalah MIRA (Mitsubishi Virtual Assistant), chatbot yang didesain Kata.ai milik Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia.

GM Marcomm & PR PT MMKSI Intan Vidiasari mengatakan, Mitsubishi berkomitmen untuk dapat memberikan kemudahan layanan, kepuasan konsumen, serta meningkatkan keterlibatan dan loyalitas konsumen bersama brand.

“Kami yakin hal ini hanya bisa dicapai melalui inovasi secara berkelanjutan baik dalam pengembangan produk maupun ragam layanan, termasuk sisi digital. Untuk itu kami memanfaatkan tekonologi chatbot yang dinamakan “MIRA” atau Mitsubishi Virtual Assistance, untuk dapat berkomunikasi tanpa keterbatasan waktu,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan,sejak diluncurkan pada November 2021, pengembangan dan penggunaan chatbot MIRA telah menuai respon positif dari konsumen. “Dengan teknologi ini kami mampu mengetahui preferensi konsumen lebih dalam, sehingga strategi yang disiapkan kedepannya diharapkan akan mampu menghadirkan loyalitas konsumen dengan menjawab kebutuhan yang sesuai dengan karakter-karakter konsumen akan model mobil yang kami hadirkan, maupun jenis layanan yang dibutuhkan pada tiap tahap kepemilikan kendaraan,”  kata Intan.

Sementara itu, Director PT. Mitra Integrasi Informatika Herryanti Herman mengatakan,  MII berkomitmen senantiasa membantu pelanggan dalam mengadopsi tren teknologi, salah satunya melalui penerapan digital transformasi yaitu teknologi AI yang dimiliki oleh Kata.ai.

“Natural Language Processing  (NLP) pada engine chatbot dari Kata.ai, dapat mengintegrasikan data dan aplikasi, sehingga membantu brand perusahaan dalam berinteraksi dengan pelanggan secara lebih tepat dan cepat. Kami yakin solusi ini akan berdampak positif bagi perekonomian digital Indonesia saat ini,” katanya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version