Perkembangan Industri Kreatif dan Game Buat Market Share AMD Tumbuh Positif

EPYC AMD. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perkembangan industri kreatif di bidang teknologi berdampak pada pertumbuhan penjualan di segmen server, desktop dan notebook. Seperti yang dialami oleh AMD Global yang meraih kinerja positif penjualan pada kuartal IV 2018.

Mercury Research merilis estimasi pangsa pasar triwulan IV 2018 untuk prosesor Ryzen dan EPYC AMD di semua segmen utama – server, desktop, dan notebook – yang menunjukkan pertumbuhan positif sepanjang tahun. Berdasarkan volume (unit), AMD berhasil meraih pangsa pasar sebesar 15,8% di segmen desktop. Sementara di segmen notebook (tidak termasuk Internet of Thing), pangsa pasar AMD mencapai 12,1%. Adapun di segmen server (tidak termasuk Internet of Thing), AMD meraih pangsa pasar sebesar 3,2%.

Pencapai itu membuat AMD makin optimis di tahun ini. Untuk itu, pada awal Februari 2019, AMD merilis Kartu Grafis 7nm pertama di dunia, Radeon VII. Kartu Grafis terbaru itu menyasar para penggemar games dan kreator.

“AMD Radeon VII adalah kartu grafis gaming dengan performa tertinggi yang pernah kami ciptakan. Kartu grafis ini dirancang untuk para penggemar games dan kreator yang mendambakan visual berkualitas tinggi tanpa kompromi performa, serta pengalaman gaming yang luar biasa,” ungkap Scott Herkelman, AMD Corporate Vice President dan General Manager Radeon Technologies Group belum lama ini.

Baca juga :   Radeon RX 590, Kartu Grafis Mutakhir Untuk Para Gamer Dunia

Dibanding periode triwulan IV (Q4) 2017, pada Q4 2018 pangsa pasar prosesor AMD untuk segmen server di luar IoT mengalami pertumbuhan hingga 2,4% dari 0,8% menjadi 3,2% untuk segmen desktop tumbuh 3,9 % dari 12,0% menjadi 15,8%, dan untuk segmen notebook di luar IoT tumbuh 5,3% dari 6,9% menjadi 12,1%.

Dalam studinya, Mercury Research merujuk pada semua prosesor kelas server x86 dalam estimasi unit server mereka, terlepas dari perangkat (server, jaringan, atau penyimpanan), sedangkan TAM 1P dan 2P yang diperkirakan disediakan oleh IDC hanya mencakup server tradisional.

Mercury menggunakan perkiraan server IDC untuk server TAM 1P dan 2P sekitar 5 juta unit untuk menghitung perkiraan pangsa pasar server-nya. Dan dipercaya bahwa pada Q4 2018 telah mencapai lebih 5% unit share dari pasar server 1P dan 2P yang ditangani oleh prosesor EPYC (sebagaimana didefinisikan oleh IDC).

Dengan program AMD Raise the Game Fully Loaded bundle, para gamer yang membeli sebuah kartu grafis Radeon VII maupun PC yang ditenagai oleh Radeon VII akan mendapatkan secara cuma-cuma versi PC dari game Resident Evil 2, Devil May Cry 5 dan The Division 2, serta tiga buah judul game paling diantisipasi tahun 2019.

Baca juga :   17 Live Klaim Sebagai Aplikasi Live Streaming Halal

STEVY WIDIA