youngster.id - Consumer Tech Industry Trends 2025 NielsenIQ menyebut kategori produk audio naik 3% secara global. Hal ini didorong oleh permintaan di pasar negara yang sedang berkembang dan popularitas wireless headbands serta open ear headphones. Perubahan gaya hidup konsumen terutama generasi Z dan milenial yang semakin digital dan mobile juga berpengaruh pada peningkatan itu.
Potensi ini mendorong Desound, audio store multi brand dari PT Inti Megah Swara terus berekspansi dan melakukan perubahan konsep. Regional Head Desound Rieki Lie mengatakan, Desound memahami perubahan gaya hidup konsumen, terutama generasi Z dan milenial, dan menghadirkan toko audio berkonsep lifestyle dan teknologi.
“Kami melihat kebutuhan pelanggan terus berubah. Karena itu, kami melakukan pembaruan menyeluruh agar pengalaman berbelanja di Desound tetap relevan,” ucap Rieki kepada media pada pembukaan gerai ke 46, Desound Store Supermal Karawaci, Kamis (23/10/2025) di Tangerang.
Salah satu daya tarik utama Desound Supermal Karawaci adalah penerapan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam desain visualnya. Penampilan interior Desound Supermal Karawaci juga hasil kolaborasi dengan Tobias Harris, konsultan desain asal New York.
“Melalui desain, konsep, dan pengalaman baru ini, kami berharap setiap pelanggan bisa Merasakan bahwa audio bukan hanya tentang mendengar, tetapi juga tentang menikmati hidup dengan cara yang lebih bermakna,” ujar Rieki.
Menurut Rieki, seluruh grafik dan lifestyle image yang digunakan di toko dirancang menggunakan AI untuk memberikan kesan visual yang modern, imersif, dan sesuai tren global. Selain itu, banyak produk yang kini dilengkapi dengan fitur voice command berbasis Google Assistant, Alexa, dan Siri.
“Dengan konsep baru ini, Desound memperluas jangkauannya dari segmen lifestyle hingga audiophile, musisi, podcaster, dan profesional audio. Pengunjung dapat menemukan berbagai perangkat, mulai dari speaker, headphone, earphone, perangkat home theater, hingga mikrofon dan perlengkapan rekaman profesional dalam satu ruang yang dirancang untuk memanjakan mata dan telinga sekaligus,” ucapnya.
Berbagai brand audio internasional terbaru juga terus dihadirkan untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan yang ingin menikmati teknologi audio terkini. Seperti JBL, Harman Kardon, Sennheiser, Shure, AKG, KEF, Marantz, Denon, Polk Audio.
Rieki menegaskan, kehadiran gerai ke 46 ini menjadi langkah strategis Desound dalam memperkuat posisinya sebagai toko audio premium. Meski kondisi ekonomi global fluktuatif, Desound tetap percaya diri terhadap pertumbuhan pasar audio di Indonesia. Bahkan hingga akhir tahun 2025, akan ada penambahkan gerai baru.
“Kami yakin dengan dukungan manajemen dan mitra prinsipal, pasar audio di Indonesia tetap punya potensi besar. Produk baru dan teknologi terbaru selalu menjadi magnet bagi konsumen,” pungkas Rieki.
STEVY WIDIA
















Discussion about this post