Permudah Perjalanan Multimoda Gojek Hadirkan GoTransit

Artis Hannah Al Rashid bersama para pengemudi Gojek di Plaza Transit MRT Lebak Bulus Jakarta. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Gojek resmi meluncurkan fitur GoTransit. Fitur baru ini ditujukan untuk mempermudah perjalanan multimoda dengan transportasi publik.

“Fitur GoTransit ini adalah produk baru untuk membantu user mempermudah perjalanan multimoda-nya dengan public transport,” kata Raditya Wibobo Head of Transport Gojek Group dalam keterangannya, Kamis (6/8/2020).

Lebih lanjut, Raditya mengatakan pihaknya melihat transportasi publik sebagai “teman” alih-alih kompetitor. Menurutnya, dengan integrasi antara transportasi umum, ojek daring, dan pengguna dapat menguntungkan semua pihak terlibat.

“Sebenarnya GoTransit sudah kami masukan di aplikasi sebelum pandemi COVID-19 merebak. Tetapi selama PSBB, tidak kami promosikan,” ujarnya.

GoTransit sendiri memiliki fungsi dasar sebagai perencana perjalanan. Pengguna hanya perlu memasukkan tujuannya ke mana, lalu Gojek akan menyarankan transportasi publik terdekat, dan bagaimana cara mengaksesnya.
Raditya juga mengungkapkan telah mempersiapkan sejumlah pengembangan di fitur tersebut.

“Seperti operasionalnya, rekomendasi rute dengan transit tersedikit untuk meminimalisir kontak, seramai apa public transport hari ini, dan lainnya. Kami juga ingin ada fitur pemesanan tiket multimoda-nya lewat Gojek. Butuh kolaborasi operator public transport di Jakarta. Misalnya user ingin beli perjalanannnya dalam satu paket juga bisa biar tidak bayar berkali-kali,” paparnya.

Raditya mengungkapkan aka nada kolaborasi dengan pihak terkait, dengan partner dan pemerintah untuk lebih mengembangkan GoTransit ini. Dan tidak bisa dipungkiri arahnya harus disesuaikan karena pandemi, memperhatikan protokol keamanan dan kesehatan.

Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah mengintegrasikan sistem pembayaran transportasi di wilayah DKI Jakarta. Raditya juga mengatakan, perusahaannya siap memberikan dukungan dan kolaborasi dengan pemerintah maupun pengelola transportasi publik.

“Kami siap berkolaborasi untuk mewujudkan sistem integrasi ini. Inisiatif apa pun dari pemerintah yang membuat pengalaman lebih sederhana pasti kami dukung,” pungkasnya.

STEVY WIDIA

Exit mobile version