Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Pertumbuhan CoWorking Space di Asia 37,7% Per Tahun

16 Oktober 2018
in News
Reading Time: 2 mins read
Cocowork Membuka Ruang Kerja Bersama Gratis Selama Asian Games

Ruang kerja bersama makin marak di Indonesia. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Generasi milenial telah mengubah banyak hal, termasuk permintaan ruang kerja bersama atau coworking space mengalami pertumbuhan pesat di Asia Pasifik. Bahkan, pertumbuhan coworking space di Asia Pasifik lebih pesat ketimbang wilayah lain, seperti Amerika Serikat dan Eropa.

Faktor utama pesatnya pertumbuhan dikarenakan banyak pemerintah di Asia Pasifik mendorong lahirnya wirausahawan lewat perusahaan rintisan (startup). Tengah melambatnya pertumbuhan industri tradisional seperti manufaktur dianggap pula sebagai alasan berkembangnya kantor dengan konsep ruang kerja bersama.

Berdasarkan hasil riset perusahaan konsultan real estat internasional Jones Lang LaSalle (JLL) menyebutkan permintaan coworking space di Asia Pasifik tumbuh sebesar 35,7% per tahun. Amerika Serikat tumbuh 25,7% dan di Eropa tumbuh 21,6%.

Riset dilakukan di 12 pasar utama Asia Pasifik. Pertumbuhan mencapai 150% dari tahun 2014 sampai 2017. Pada tahun 2030 mendatang diprediksi kantor dengan konsep ruang terbuka bisa mencakup 30% dari portofolio properti komersial perusahaan di seluruh dunia.

Baca juga :   Milenial Perlu Berpartisipasi Dalam Inovasi Pariwisata 4.0

Pengamat Perkotaan Yayat Supriatna menilai pesatnya pertumbuhan coworking space dikarenakan pengaruh berubahnya budaya kerja generasi milenial. Generasi milenial cenderung ingin bekerja serba fleksibel. Dari jam berangkat hingga suasana tempatnya bekerja. Maka, ia menyebut bekerja di coworking space saat ini telah menjadi tren.

“Generasi milenial lebih mudah berubah dengan gaya hidup baru. Sekali lagi saya tekankan tren perubahan terus terjadi. Apa yang kita polakan dengan masa lalu akan terus berubah. Dengan kondisi yang semakin lama menuntut gejala yang terjadi sekarang sebetulnya harus dibaca pertanda apa itu,” kata Yayat.

Pola bekerja masa lalu yang menuntut pekerja taat pada aturan formal dianggap tak sesuai dengan gaya generasi milenial. Yayat mengatakan keinginan generasi milenial tersedia di coworking space. Maka, tak heran pertumbuhan coworking space sangat pesat karena hadir di saat yang tepat.

“Memang trennya berubah maka (kantor) dibuat seperti tidak formal. Orang bosan kok. Orang pengen ngantor itu santai. Sekarang orang lebih banyak kepada persoalan bagaimana bisa lancar tanpa terkait aturan formal,” ujarnya.

Baca juga :   UOB Terbitkan Kartu Kredit Khusus Bagi Generasi Milenial Indonesia

CEO dan Co-Founder COCOWORK Carlson Lau mengutarakan hal sama. Generasi milenial menjadi faktor penting pesatnya pertumbuhan coworking space. Selain ruang kerja yang didesain fun dan tak formal, harga sewa pun terbilang murah.

“Untuk daily pass di seluruh lokasi COCOWORK sendiri kami hanya mematok harga Rp 50.000. Untuk ruang kerja private dan penggunaan ruang meeting kapasitas tertentu akan berbeda lagi tarifnya. Ada sejumlah fasilitas, seperti kopi gratis dan tentunya internet yang kencang,” kata Carlson.

Sejumlah lokasi coworking space di COCOWORK juga menyediakan fun area yang menyediakan sejumlah permainan maupun alat olahraga, seperti tenis meja, biliar, sepeda statis bahkan ada Play Station. Sejumlah fasilitas itu disediakan agar saat para pekerja sedang suntuk dapat meluangkan waktu sejenak untuk menghibur diri mereka.

Baca juga :   Tri Manjakan Generasi Milenial Dengan Tiga Layanan Digital

“Kami percaya work life balance itu penting apalagi bagi mereka pelaku industri kreatif yang harus menemukan ide-ide baru demi meraih tujuan mereka. Saat seseorang lelah di kala bekerja dan istirahat diisi dengan kegiatan yang gembira dan sehat tentu akan membuat tubuh dan pikiran kembali ‘segar’,” kata Carlson.

Konsep coworking space yang terbuka menjadi kesempatan bagi tiap individu maupun kelompok untuk berinteraksi dengan individu maupun kelompok lainnya. Carlson menjelaskan coworking space bukan hanya sekedar menyediakan tempat bekerja.

Namun, coworking space harus mampu memberi banyak manfaat bagi penggunanya. Maka, COCOWORK sering mengadakan sejumlah kegiatan yang bertujuan memberi ruang untuk menghimpun lebih banyak koneksi antara penggunanya.

“Lewat kegiatan yang kami adakan tiap individu maupun startup dapat bertemu dan saling berkolaborasi dan membentuk komunitas,” kata Carlson.

STEVY WIDIA

Tags: Cocoworkcoworking spacegenerasi milenial
Previous Post

TokoPandai Terpilih Jadi Fintech Innovatif di IMF-WorldBank Summit 2018

Next Post

Di Tahun Ketiga TCASH Jangkau Lebih dari 75.000 Merchant Outlets di Indonesia

Related Posts

petani milenial
Headline

Minat Generasi Milenial terhadap Inovasi dalam Pertanian Cukup Tinggi

19 Juni 2024
0
mahasiswa Indonesia
Headline

Generasi Milenial dan X Berperan Besar Hilangkan Keraguan Teknologi oleh Gen Z dan Baby Boomer

12 Oktober 2023
0
rumah pintar
Analyze

Generasi Milenial Paling Peduli Terhadap Keamanan Perangkat Rumah Pintar Mereka

8 Maret 2023
0
Load More
Next Post
Di Tahun Ketiga TCASH Jangkau Lebih dari 75.000 Merchant Outlets di Indonesia

Di Tahun Ketiga TCASH Jangkau Lebih dari 75.000 Merchant Outlets di Indonesia

ICON2018 Akan Bahas Transformasi Digital

ICON2018 Akan Bahas Transformasi Digital

Crowde Peroleh Dana Tambahan

Crowde Peroleh Dana Tambahan

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version