Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Pertumbuhan e-Commerce Genjot Bisnis Jasa Logistik

11 Juli 2017
in News
Reading Time: 2 mins read
Asperindo Siap Hadapi MEA

Industri logistik terus bertumbuh (Foto : Ilustrasi/Antara)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pertumbuhan e-Commerce di Indonesia sangat pesat. Diprediksi nilai transaksi e-Commerce Indonesia akan mencapai US$ 46 miliar pada 2025. Itu berdampak pada lonjakan pertumbuhan jasa logistik dan express.

Pada periode 2016-2017 hampir semua penyedia jasa logistik dan express tumbuh di atas 30 %. Demikian diungkapkan General Manager (GM) Express JNE, Agusnur Widodo.

“Perkembangan e-Commerce begitu pesat. Penjualan pemain besar e-Commerce naik lumayan tinggi. Ini berimbas pada logistik dan express. Hampir semua express berkembang pesat. Habit belanja sekarang kan ke online,” kata Agusnur , baru-baru ini di Bandung.

Dia menyebutkan pada periode tersebut kinerja jasa logistik dan express JNE tumbuh 30-40 %. Kontribusi Jabar tergolong besar. Dengan jumlah penduduk besar dan umumnya sudah melek informasi, kontribusi Jabar mencapai 10-15 % nasional. Kendati demikian, kontributor terbesar masih dipegang Jakarta.

Baca juga :   Pesta Belanja Online Digelar Hingga Akhir Tahun

Sementara Deputy GM JNE, Hasmeliyani Suseno, menambahkan, fesyen menjadi produk paling banyak dibeli masyarakat secara online. Hampir 48 persen paket e-Commerce yang dikirimkan melalui JNE adalah produk fesyen.

“Perkembangan fesyen Indonesia sangat besar. Selain fesyen, kuliner juga menjadi produk yang banyak dibeli masyarakat secara online,” ujarnya.

Agusnur juga mengatakan, tingginya minat masyarakat untuk membeli makanan secara online pulalah yang mendorong JNE meluncurkan Pesona Nusantara sejak 2012. Melalui Pesona Nusantara, konsumen bisa membeli makanan khas dari beragam daerah di Indonesia. “Kami sudah bekerja sama dengan sejumlah UMKM makanan khas dari berbagai daerah,” ujarnya.

Seperti diketahui, beberapa tahun terakhir Indonesia memasuki era “The Borderless World” secara masif. Lebih dari separuh populasi negeri ini sudah terhubung dengan internet. Dua tahun terakhir, penetrasi internet di Indonesia naik signifikan, dengan laju pertumbuhan sebesar 50,8 persen.

Baca juga :   Prelo Cegah Barang Palsu Masuk e-Commerce

Kondisi ini mendorong pertumbuhan e-Commerce secara signifikan. Data Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) 2016 menyebutkan, penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai 132,7 juta dari 256,2 juta penduduk atau 51,8 % populasi. Pada tahun sebelumnya, penetrasi pengguna internet diperkirakan baru mencapai 88 juta jiwa.

Chief Sharing Vision Dimitri Mahayana memprediksi, pada 2025 nilai transaksi e-Commerce Indonesia akan mencapai US$ 46 miliar.
Tak hanya populasi netizen, jumlah pengguna smartphone juga terus menanjak dengan signifikan. Data Lembaga Riset Telematika Sharing Vision menyebutkan, laju pertumbuhan majemuk tahunan (compound annual growth rate/CAGR) smartphone mencapai 11 % dan CAGR internet 13 %.

STEVY WIDIA

Tags: e-commercejasa expresslogistik
Previous Post

Bekraf Siapkan Rp 10 M Insentif Modal Startup

Next Post

ASEAN Cyber ABC Luncurkan Panduan Dunia Siber Untuk Anak

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Load More
Next Post
ASEAN Cyber ABC Luncurkan Panduan Dunia Siber Untuk Anak

ASEAN Cyber ABC Luncurkan Panduan Dunia Siber Untuk Anak

Konsumsi Konten Mobile Selama Ramadan Naik 10%

Konsumsi Konten Mobile Selama Ramadan Naik 10%

Jetneet, Jaket Pengganti Tongkat Bagi Tunanetra

Jetneet, Jaket Pengganti Tongkat Bagi Tunanetra

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version