youngster.id - Peningkatan konsumsi konten digital di Indonesia diperkirakan akan meningkat pada tahun 2017. Hal ini membuka peluang bagi kreator konten di Indonesia untuk unjuk gigi.
UC News, sebuah distributor konten UCWeb dari Alibaba Group, dalam laporan terbarunya menunjukkan terbukanya kesempatan we-media, atau pembuat konten yang termasuk Independent Key Opinion Leaders (KOL), penerbit individu, dan lainnya di Indonesia, dimana konsumsi konten We-Media pada Desember 2016 meningkat 6 kali lebih tinggi dibandingkan dengan bulan September. Laporan ini juga memberikan gambaran tren konsumsi konten pada tahun 2016 di Indonesia dengan analisa data dan perbandingan internasional.
“Menurut hasil observasi kami dan riset industri, saat ini terdapat 7.000 reporter, jurnalis dan editor yang bekerja di industri media Indonesia, sekitar 3,8% (sekitar 3 juta) dari total pengguna internet aktif di Indonesia adalah blogger”, ujar Jack Huang, President of Overseas Business, UCWeb, Alibaba Mobile Business Group.
Hal itu disebabkan oleh dua hal, meningkatnya penggunaan jaringan sosial dan juga meningkatnya pengguna jaringan selular yang akan terus menstimulasi konsumsi konten digital dan membangunkan kembali penulis konten yang “tertidur”.
“Dengan pertumbuhan konsumsi konten digital di Indonesia, kami memprediksi bahwa akan lebih banyak kreator konten profesional yang akan mengenalkan dirinya sebagai “We-Media”, sebutan bagi mereka yang menekuni dunia penerbit independen dan individu penyedia konten yang dapat memberikan pengaruh,” ucap Jack.
Menurut dia, diperkirakan akan lebih banyak lagi konsumen konten digital yang menyebut dirinya “prosumer” ”“ konsumen yang juga terlibat dalam produksi konten, yang mana akan berkontribusi kepada peningkatan pembuat konten digital di Indonesia seperti yang telah terjadi di industri konten digital di Tiongkok.”
Laporan “Year-end mobile content consumption trend of 2016 in Indonesia” menunjukan adanya peningkatan signifikan dalam konsumsi konten berita di semester 2 tahun 2016, dimana pageviews di UC News pada kuartal 4 meningkat 307% lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya, dan durasi membaca meningkat menjadi 260% pada periode yang sama. Tren konsumsi konten di UC News di semester 2 tahun 2016 menunjukan potensi besar perkembangan We-Media, dimana industri konten digital di Indonesia mengarah kepada perbandingan pada pasar Tiongkok.
STEVY WIDIA
Discussion about this post