Pertumbuhan Masyarakat Usia Muda Menjadi Sasaran Layanan PremiumFirst

Direksi dan tim Standard Chartered Bank Indonesia pada peluncuran PremiumFirst, Kamis (26/7/2018) di Jakarta. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Masyarakat kelas menengah keatas yang berumur 25 tahun hingga 45 tahun yang berpendidikan dan berpendapatan di atas rata-rata serta hidup di perkotaan sedang mengalami pertumbuhan pesat. Bagi mereka Standart Charter Bank Indonesia meluncurkan produk PremiumFirst.

Berdasarkan data Bank Dunia per Desember 20171, saat ini satu dari lima orang Indonesia termasuk dalam segmen kelas menengah, atau setidaknya 52 juta orang berada dalam kelompok kelas menengah. Angka ini berkontribusi terhadap 43% dari total konsumsi rumah tangga.

Untuk melayani golongan masyarakat ini, Standart Charter Bank Indonesia menghadirkan sebuah solusi keuangan terintegrasi yang terdiri dari produk tabungan PremiumFIRST Saver, Kartu Kredit Premium, dan rangkaian produk referal investasi/bancassurance. Semua itu dirancang untuk memenuhi kebutuhan finansial sesuai gaya hidup masyarakat emerging affluent.

“Peluncuran PremiumFIRST hari ini menjadi refleksi komitmen transformasi bisnis Retail Banking kami. Kami optimis rangkaian produk ini dapat menjadi pilihan yang sesuai bagi para nasabah ritel kelas menengah keatas yang kian dinamis, ” kata Rino Donosepoetro, Chief Executive Officer, Standard Chartered Bank Indonesia pada peluncuran PremiumFirst, Kamis (26/7/2018) di Jakarta.

Baca juga :   Pelajar Indonesia Raih Medali Emas di Kontes Robot Asia

Dia menegaskan, langkah ini untuk memperluas fokus ke segmen emerging affluent, atau masyarakat kelas menengah keatas yang berumur 25 tahun hingga 45 tahun yang berpendidikan dan berpendapatan di atas rata rata serta hidup di perkotaan.

Senada dengan Rino, Bambang Simarno, Executive Director & Head, Wealth Management, Standard Chartered Bank Indonesia menuturkan menurut data Boston Consulting Group (BCG), populasi masyarakat kelas menengah di Indonesia saat ini mencapai 74 juta orang dan angka tersebut diperkirakan akan naik dua kali lipat menjadi 141 juta orang di 2020.

“Melalui program ini, kami menargetkan 30% kontribusi bagi bisnis Retail Banking di tiga tahun mendatang. Bentuk komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah segmen kelas menengah atas ini juga dalam bentuk perekrutan tim akuisisi baru, selain penambahan tim akuisisi yang akhir tahun ini akan meningkat sebanyak 38% untuk melayani nasabah prima (prioritas),” kata Bambang.

Untuk memperkenalkan PremiumFirst kepada masyarakat luas, Standard Chartered menyelenggarakan sebuah kegiatan lifestyle pop-up market bernama StanChart Pop Up First, di Atrium Senayan City Mall, Jakarta, pada akhir pekan ini 28 & 29 Juli 2018.

Baca juga :   PUMA Buka Gerai Kolaborasi Pertama di Asia Tenggara

Dalam ajang tersebut, Standard Chartered mengajak masyarakat untuk mengecek kondisi kesehatan dompet/keuangan; mengikuti beragam talk show edukatif tentang dekor rumah, fashion, travelling, online shopping, gadget, hingga kreasi tanaman; mengajak keluarga untuk bermain dan belajar finansial di kids playground, berbelanja di booth-booth F&B dan mitra gaya hidup lainnya, serta berpose di berbagai area yang instagrammable untuk dibagikan di media sosial.

 

FAHRUL ANWAR