youngster.id - Perusahaan ban global Hankook Tire & Technology (Hankook Tire), berkolaborasi dengan Amazon Web Services dan Snowflake mengembangkan sistem analisis Voice of Customer (VOC) untuk kendaraan listrik (EV) berbasis artificial intelligence (AI) dari platform ChatGPT. Melalui sistem terbaru ini, Hankook Tire bertujuan untuk mempercepat inovasi teknologi dan memperkuat daya saing kualitas di sektor ban EV.
Sistem VOC Hankook Tire yang baru didirikan telah meningkatkan reliabilitas data yang dikumpulkan dan mampu dengan baik mengurangi dampak “halusinasi” – istilah yang mengacu pada kekeliruan informasi yang terjadi ketika platform generatif menyatakan informasi yang salah – yang saat ini dianggap sebagai salah satu keterbatasan terbesar AI generatif. Melalui platform Bedrock milik AWS, perusahaan menganalisis sejumlah besar VOC yang dikumpulkan online secara real-time dan membangun sistem pemantauan sehingga dapat segera digunakan di lapangan.
Melalui sistem analisis ini, Hankook Tire berencana untuk secara proaktif melayani berbagai kebutuhan pelanggan kendaraan listrik dengan mengumpulkan informasi yang mendalam dan menerapkannya secara luas di seluruh siklus produk, termasuk pengembangan, produksi, dan manajemen kualitas. Secara khusus, daya saing teknologi dan kualitas iON – merek ban khusus EV dari Hankook Tire – diharapkan dapat semakin meningkat melalui integrasi VOC dan analisis data uji kinerja.
Selain mengembangkan kemampuan VOC, Hankook Tire juga telah menyelesaikan pembuatan platform analisis terintegrasi yang mencakup sistem peringatan dini yang berkualitas, sistem pemantauan terkait kualitas “Q-Portal”, dan sistem analisis kualitas “Online Analytical Processing (OLAP)”.
“Dengan terhubung ke platform analisis terintegrasi yang baru ini, pengguna dapat memanfaatkan kemudahan akses data dan menerapkan data tersebut lebih lanjut ke dalam praktik bisnis mereka. Sebagai layanan berbasis cloud, sistem ini juga menawarkan stabilitas tinggi tanpa perlu pemeliharaan dan membantu membentuk budaya di mana semua anggota bekerja dengan lancar dengan data. Akses ke jaringan data akan memungkinkan untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam dan penciptaan nilai bisnis yang lebih baik,” kata pihak Hankook Tire, dalam keterangannya dikutip Senin (18/12/2023).
Sementara itu, Hankook & Company Group, perusahaan induk Hankook Tire, telah mempercepat inovasi digital dengan terus memperkuat kemitraan dengan institusi dan perusahaan yang berspesialisasi dalam AI/big data seperti AWS, Snowflake, dan Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). Selama empat tahun terakhir, perusahaan telah melaksanakan total 22 proyek digital dengan KAIST, termasuk optimalisasi efisiensi dan produktivitas penelitian dan pengembangan serta internalisasi kemampuan teknologi utama.
HENNI S.