Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Perusahaan Kurir Nasional Ini Berhasil Terapkan Green Logistic

23 Juli 2025
in News
Reading Time: 2 mins read
Perusahaan Kurir Nasional Ini Berhasil Terapkan Green Logistic

(ki-ka) Direktur Nasional TIKI Ahmad Ferwito dan Head of National TIKI Adam Ismanto. (Foto: stevywidia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Sebagai bagian penting dari industri, sektor logistik yang juga bagian dari sektor transportasi merupakan salah satu penyumbang emisi karbon dalam jumlah signifikan. Publikasi McKensey & Company 2024 menyebut, jejak karbon sektor logistic, khususnya pengangkutan dan pergudangan menyumbang 7% emisi gas rumah kaca global.

Peduli akan hal ini, mendorong PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) menerapkan green logistic atau logistik hijau dalam semua lini bisnis. Ini adalah pendekatan dalam manajemen rantai pasok yang berfokus pada pengurangan dampak negatif terhadap lingkungan. Bahkan melibatkan penerapan praktik-praktik berkelanjutan di seluruh proses logistik, mulai dari pengadaan bahan baku hingga pengiriman barang, dengan tujuan meminimalkan emisi karbon, limbah, dan penggunaan energi.

“Sebagai perusahaan kami tidak hanya memikirkan keuntungan saja, tetapi juga keberlangsungan bisnis yang berkelanjutan. Untuk itu, kami telah menerapkan green logistik dalam semua lini bisnis,” kata Ahmad Ferwito, Direktur Nasional TIKI saat ditemui, Selasa (22/7/2025) di Jakarta.

Baca juga :   85% Konsumen Zilingo Berbelanja Lewat Mobile

Ferwito menjelaskan, sudah sejak 15 tahun TIKI telah menggunakan plastik Oxium untuk kemasan pengiriman mereka. Plastik Oxium adalah jenis plastik ramah lingkungan yang terbuat dari serat singkong dan diklaim dapat terurai dalam waktu 3 bulan di dalam tanah tanpa mencemari lingkungan.

Perusahaan industri kurir nasional yang berdiri sejak 1969 ini juga menerapkan penggunaan kemasan yang dapat didaur ulang seperti karung, palet kayu bahkan paku.

“Penggunaan plastik Oxium dan kemasan daur ulang ini merupakan bagian dari upaya kami untuk turut ambil bagian dalam keberlangsungan alam. Dengan bahan-bahan ramah lingkugan ini akan meminimalkan penggunaan bahan sekali pakai, serta mengurangi limbah yang dihasilkan dari proses logistik,” ucapnya.

Penerapan penggunaan kemasan ramah lingkungan ini diterapkan TIKI di semua layanan jaringan operasional TIKI yang meliputi 69 kota besar di Indonesia, dan melayani 514 kabupaten atau kota, 7.230 distrik di seluruh Indonesia.

“Dampak dari penerapan kemasan daur ulang ini dapat mengemat biaya pengiriman hingga 30%,” ujarnya.

Baca juga :   Startup Pertanian Crowde Raih Pendanaan Tahap Awal

Langkah untuk menerapkan logistik hijau ini juga didukung dengan penerapan teknologi. Head of National TIKI Adam Ismanto menambahkan, TIKI terus mengembangkan berbagai layanan berbasis teknologi yang mengedepankan kecepatan, keamanan, ketepatan waktu pengiriman, real-time tracking, serta perluasan jangkauan layanan.

“Kemampuan TIKI untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman menjadi salah satu kunci keberhasilan dan daya tahan perusahaan di industri kurir. Karena itu kami terus melakukan transformasi digital yang menyeluruh,” katanya.

Transformasi digital ini berupa teknologi operasional dengan Smart Control Tower, sistem pemantauan operasional berbasis data real-time yang memungkinkan manajemen mengevaluasi performa kurir, cabang, dan akurasi pengiriman setiap hari. Selain itu, Transportation Management System (TMS), sistem optimalisasi rute pengiriman untuk meningkatkan efisiensi waktu, menurunkan biaya operasional, serta memberikan pengalaman pelacakan kurir secara live.

“Dengan perencanaan rute yang efisien, dapat mengurangi jarak tempuh dan waktu perjalanan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi serta meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan,” ucapnya.

Baca juga :   Qlue Perkuat Layanan Smart City di Makassar

Langkah terbaru dalam penerapan green logistik, adalah armada TIKI Tempur berbasis motor listrik. Saat ini sudah ada 12 unit motor listrik dan 9 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yang tersebar di 7 gerai TIKI Pemuda, Raden Saleh, Pluit, Hayam Wuruk, Garuda, Warung Buncit, dan Warung Jati.

“Kami masih dalam masa uji coba. Jika memang sesuai, akan kami dikembangkan di masa yang akan datang,” katanya.

Keduanya menekankan, keamanan dalam pengiriman barang tetap menjadi prioritas TIKI.

“Kami percaya bahwa eksistensi bisnisnya tidak terlepas dari dukungan dan kepercayaan dari masyarakat. Karena itu target kami tahun ini adalah dapat mengembangkan jaringan distribusi di 90% wilayah Indonesia. Kami juga terus mengembangkan produk dan layanan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat, tanpa meninggalkan prinsip keberlanjutan,” pungkas Ferwito.

 

STEVY WIDIA

Tags: green logisticlogistik hijaupratik keberlanjutanPT Citra Van Titipan Kilat (TIKI)
Previous Post

AI Talent Factory, Upaya Penuhi Defisit 3 Juta Talenta Digital di Indonesia

Next Post

Solusi Cazbox by Metranet, Integrasikan Layanan Netflix di Platfrom Digital Lokal

Related Posts

Dorong Pertumbuhan Bisnis, TIKI Kembangkan Inovasi Layanan, Teknologi dan Dukung UMKM
News

Dorong Pertumbuhan Bisnis, TIKI Kembangkan Inovasi Layanan, Teknologi dan Dukung UMKM

21 Juni 2025
0
TIKI
Headline

Dukung Rantai Dingin Bagi UMKM, TIKI Hadirkan Layanan Pengiriman Makanan Beku

12 Maret 2025
0
Tiki desa wisata
Headline

TIKI Hadirkan Inovasi Layanan Logistik Untuk Dukung UMKM Desa Wisata

17 Desember 2024
0
Load More
Next Post
Solusi Cazbox by Metranet, Integrasikan Layanan Netflix di Platfrom Digital Lokal

Solusi Cazbox by Metranet, Integrasikan Layanan Netflix di Platfrom Digital Lokal

menabung

Ternyata, 77% Anak Muda Rutin Menabung

startup agritech Koltiva

Baru 12 % Perusahaan Hilir Gunakan Sistem Ketertelusuran

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version