BRI Gandeng Tokopedia Hadirkan Halal Mall

Direktur Konsumer Bank BRI Handayani. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) bekerja sama dengan perusahaan e-commerce Tokopedia merilis laman khusus, yang diberi nama Halal Mall. Ada 200 produk halal dari 100 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dijual di Halal Mall di Tokopedia.

Direktur Konsumer Bank BRI Handayani menjelaskan, Halal Mall berperan sebagai toko resmi bagi UMKM BRI yang khusus menjajakan produk halal.

“Dengan masuk ke e-commerce, UMKM tersebut tidak hanya dapat memasarkan produknya di Indonesia, tetapi ke seluruh dunia,” kata Handayani dalam keterangannya mengenai Halal Mall Senin (6/5/2019) di Jakarta.

Produk dalam Halal Mall itu berasal dari UMKM binaan BRI yang telah dikurasi sejak tahun lalu. Produk yang dipasarkan mulai dari kosmetik, makanan, hingga busana. Mayoritas UMKM ini berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan DI Yogyakarta
 

Menurut Hanadayani, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemekop UKM) dan Kementerian Agama pun terlibat dalam proses seleksi UMKM. Dengan begitu, UMKM yang memperoleh sertifikat halal sudah diuji komponen bahan baku produknya. Setelah mendapat sertifikasi halal ini, UMKM binaan BRI bisa memasarkan produknya lewat Halal Mall di Tokopedia.

Baca juga :   Sampoerna Buka Pusat Pelatihan Kewirausahaan Ke-8
Selain memasarkan produk, UMKM tersebut diberi pembinaan dan pendampingan. BRI menargetkan, 1.000 UMKM binaannya bisa mendapat sertifikasi halal tahun depan. Dengan begitu, produk yang dipasarkan di Halal Mall menjadi lebih beragam. Ke depan, produk halal milik UMKM binaan BRI ini juga akan dipasarkan di negara lain, seperti Arab Saudi.


STEVY WIDIA