Plasticpay Targetkan Pasang 800 Dropbox Sampah Botol Plastik di 2022

dropbox plasticpay

Pengguna Aplikasi Plasticpay Meningkat Hingga 7 Kali Lipat di Tahun 2021 (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perusahaan platform perubahan perilaku sosial berbasis digital Plasticpay menargetkan untuk memperluas jangkauan dengan menambah 800 dropbox sampah botol plastik termasuk 40 Reverse Vending Machines (RVM) di tahun 2022.

Plasticpay optimis dengan target tersebut setelah di akhir tahun 2021 berhasil memasang 238 dropbox point dan 7 RVM di area Jabodetabek. Langkah ini merupakan bagian dari upaya Plasticpay dalam mendorong percepatan penerapan ekonomi sirkular di Indonesia.

“Saat ini, antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk ikut andil dalam mewujudkan Indonesia bersih tanpa sampah plastik. Sehingga, kami juga terus melakukan ekspansi dengan menjangkau lebih banyak lokasi di Indonesia selain di Jabodetabek dan menargetkan memasang sekitar 800 dropbox sampah botol plastik di tahun 2022, 40 diantara berupa mesin digital atau RVM,” kata Suhendra Setiadi, selaku CEO Plasticpay, dalam keterangannya, Senin (3/1/2022).

Disebutkan Suhendra, dalam rangka mengatasi masalah sampah di Indonesia, Plasticpay giat mengajak masyarakat untuk menukarkan sampah botol plastik dengan poin. Selain itu, sepanjang tahun 2021, Plasticpay aktif berkolaborasi dengan  berbagai  pihak  seperti  Bank Syariah Indonesia, Danone – Aqua, Le Minerale, Kopi Gadjah,  Caffino,  5Days,  Milk  Life, SahabatSirkulasi Semesta, Grand Indonesia, Alfamart, Berani Jaga Bumi, SheStars.id dan LionsClub Indonesia. Dengan upaya tersebut, sepanjang tahun 2021, Plasticpay berhasil mengumpulkan sebanyak 22 ton sampah botol plastik dan capaian tersebut meningkat tiga kali lipat dibandingkan dengan tahun 2020.

“Ke depannya, Plasticpay akan terus melanjutkan komitmen untuk mengajak lebih banyak pihak, termasuk perusahaan untuk berkolaborasi dalam pengadaan fasilitas pengumpulan sampah botol plastik baik berupa dropbox point maupun RVM,” kata Suhendra.

Sementara itu, seiring dengan peningkatan tren daur ulang, Plasticpay berhasil meningkatkan jumlah dropbox point sepanjang tahun 2021 dengan cukup signifikan. Di mana pada tahun 2020, Plasticpay hanya memiliki 51 dropbox point, sementara pada tahun ini jumlah tersebut sudah meningkat hampir 5 kali lipat yaitu mencapai 238 titik.

Ke depan, lanjut Suhendra, Plasticpay akan terus menggencarkan ekspansi dengan menyediakan lebih banyak dropbox point untuk memfasilitasi dan mempermudah masyarakat dalam mengumpulkan sampah botol plastik. Setiap sampah plastik yang terkumpul akan didaur ulang oleh induk usaha yaitu PT Inocycle Technology Group (INOV), untuk kemudian ditransformasi menjadi produk ramah lingkungan yang diproduksi bersama UMKM di Indonesia.

“Diharapkan dengan lebih banyak dropbox point  di  tahun depan, Plasticpay  dapat  terus melebarkan sayap dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam    pengelolaan sampah plastik, serta dapat membantu mewujudkan visi pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Bersih Sampah Plastik 2025,” tutup Suhendra.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version