youngster.id - Hasil riset dari Hootsuite dan We Are Social bertajuk Digital 2021: Indonesia menunjukkan bahwa aplikasi sosial media menempati posisi teratas dari pengguna mobile apps di Indonesia. Bahkan jumlah pengguna aktif platform digital sosial mencapai 170 juta atau 61,8% dari penduduk. Hal ini mendorong ByteDance meluncurkan platform media sosial Helo ke Indonesia.
Country Head of Operations Helo Indonesia Indira Melik mengatakan, Helo adalah platform one-stop yang menyediakan berbagai layanan dalam satu aplikasi, seperti menampilkan konten multimedia yang diunggah pengguna, update berita dan topik yang sedang ngetren, jejaring sosial, dan lain-lain.
” Aplikasi Helo hadir untuk masyarakat Indonesia sebagai wadah untuk berkreasi, terkoneksi, dan mendapatkan informasi baru dan menghibur yang komplit. Keunikan Helo sendiri terletak pada kumpulan konten lokal dari berbagai pengguna dan juga kreator di Indonesia, serta keragaman budaya di dalamnya,” kata Indira pada peluncuran aplikasi Helo, Kamis (15/4/2021).
Dia memaparkan, sebagai platform digital pendatang baru, Helo menawarkan berbagai keunikan dan keseruan yang telah disesuaikan dengan pasar Indonesia. Seperti Pengguna Helo bisa menikmati kumpulan konten lokal dan keragaman budaya, termasuk unggahan dari pengguna atau kreator, video lucu, berita hiburan, dan emotional status (menyerupai quotes). Untuk fitur sendiri, Helo dilengkapi music video template dan kumpulan stickers yang lengkap.
Helo juga memungkinkan pengguna dengan pengguna lain terhubung dalam jaringan yang luas melalui konten dan unggahan yang tersedia dalam berbagai format, tidak hanya berbentuk video, namun juga dapat berupa foto, gambar, dan teks.
“Pengguna dengan minat dan ketertarikan yang sama dapat secara mudah dan cepat berkolaborasi, berekspresi, serta membangun sebuah komunitas di Helo. Selain itu, pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan produktif dapat memperoleh informasi dan hiburan sekaligus,” ujar Indira.
Pengguna Helo juga bisa melihat berita dan informasi terbaru lewat halaman Trend yang akan diperbarui tiap 10 menit sekali. Helo juga mendorong kreativitas pengguna lewat tab Create yang memungkinkan pengguna membuat konten menarik menggunakan filter dan efek yang tersedia.
Pengguna juga bisa berinteraksi dengan selebriti dan influencer yang telah bergabung dengan Helo, misalnya dengan tanya jawab lewat live video. “Di sini kita bisa menemukan konten-konten yang sifatnya sangat localized banget. Ini nggak cuma tren viral yang sifatnya nasional, bahkan konten-konten yang lokal banget bisa ditemukan di Helo,” kata Indira.
Atmosfir dan beragamnya fitur yang ditawarkan Helo sangat cocok bagi mereka yang memiliki berbagai kesibukan. Sandra Dewi, artis yang juga content creator mengaku jadi pengguna Helo karena bisa memantau berita dan topik yang hangat dengan cepat. “Di Helo ini banyak konten menghibur yang dapat mengisi waktu luangku atau saat jeda di antara berbagai kesibukanku,” ujar Sandra.
Sebelumnya aplikasi yang diluncurkan akhir 2020 ini hanya tersedia untuk pasar India.
STEVY WIDIA