youngster.id - Bertujuan membantu perusahaan memenuhi kebutuhan tenaga kerja menjelang Natal dan Tahun Baru, sekaligus mempermudah pencari kerja yang masih mencari pekerjaan, platform social job portal Atma mengadakan Festival #CepatKerja, sebuah virtual job fair yang berlangsung dari 18 November hingga 1 Desember 2024.
Terdapat lebih dari 500 perusahaan dari berbagai industri seperti F&B, ritel, perhotelan, e-commerce, dan manufaktur berpartisipasi, dengan belasan ribu lowongan kerja tersedia.
Co-Founder & CEO Atma, Edy Tan menjelaskan, acara ini dirancang untuk menciptakan proses rekrutmen yang efisien dan bebas stres. Atma menggunakan aplikasi berbasis chat, baik untuk pencari kerja melalui aplikasi Atma, maupun untuk rekruter melalui Atma Business, sehingga mempertemukan keduanya secara cepat.
“Di Atma, melamar kerja itu simpel. Pencari kerja tinggal chat langsung dengan rekruter tanpa perlu mengirim lamaran fisik atau digital. Fitur seperti status online rekruter, kecepatan respon, dan notifikasi saat chat dibuka membantu mengurangi kemungkinan ghosting dan kekecewaan,” kata Edy, Selasa (19/11/2024).
Keunggulan lainnya adalah rekruter dapat langsung menawarkan pekerjaan tanpa menunggu lamaran. Profil pencari kerja, atau Atma ID, otomatis direkomendasikan ke rekruter jika sesuai dengan kualifikasi. Efisiensi ini terbukti efektif—dari data internal Atma, 1 dari 4 chat mendapat respon dalam waktu kurang dari 24 jam.
Selain Job Expo, Festival #CepatKerja juga menghadirkan program pendukung seperti Misi #CepatKerja dengan hadiah jutaan rupiah, webinar & Company Talk untuk persiapan karir, serta bootcamp marketing bagi yang tertarik. Acara ini sepenuhnya gratis untuk pencari kerja, yang bisa mendaftar langsung melalui aplikasi Atma. Sementara itu, perusahaan yang ingin merekrut dapat mendaftar melalui aplikasi Atma Business.
“Program Misi #CepatKerja dirancang untuk membantu pencari kerja membuat CV yang menarik dengan Atma ID, menemukan pekerjaan sesuai minat, dan meningkatkan keterampilan melalui webinar. Dengan persiapan ini, mereka bisa menjadi kandidat yang lebih kompetitif bagi Perusahaan,” imbuh Susan Suhargo, co-founder Atma.
Sebagai platform rekrutmen inovatif, Atma telah mendapatkan pendanaan sebesar US$5 juta dari modal ventura AC Ventures (ACV) dan Global Founders Capital (GFC). Pendanaan ini memperkuat posisi Atma dalam menyediakan solusi berbasis teknologi yang efisien bagi rekruter dan pencari kerja.
STEVY WIDIA
Discussion about this post