youngster.id - PT Pos Indonesia (Persero) berkomitmen untuk membantu mendaringkan setidaknya dua juta saha mikro, kecil, dan menengah (UMKM )pada akhir 2018.
Untuk itu PT Pos bersama Nurbaya Initiative, pemilik market place Nurbaya Corner, bekerjasama membantu pelaku UMKM memanfaatkan teknologi informasi dalam mengembangkan usahanya.
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi kerja sama antara PT Pos Indonesia dengan Nurbaya Initiative membantu UMKM itu. Menurut dia, core ekonomi Indonesia adalah UMKM, yang berkontribusi sebesar 58 % untuk Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.
“Saya semakin yakin teknologi harus bisa jadi ‘enabler’ dan memberi nilai tambah bagi tidak hanya bagi pelaku industri ini, juga untuk masyarakat secara keseluruhan,” kata Rudiantara dalam keterangan resmi Minggu (2/4/2017) dari PT Pos Indonesia.
Dengan kerjasama ini PT Pos Indonesia Regional 4 yang tersebar di Jabodetabek dan Banten optimistis mampu menggaet sebanyak 3.000 UKM pada pameran ini yang nantinya akan memanfaatkan internet sebagai medium pemasaran produk dan jasa yang mereka produksi.
Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsi Wahju Setijono telah berkomitmen untuk membantu “mengonlinekan” setidaknya dua juta UMKM pada akhir 2018. Ada 80% database akan didapatkan dari penerima KUR BRI.
“Dengan cakupan PT Pos Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia, kami yakin akan bisa membantu lebih banyak UKM untuk memanfaatkan jariangan online,” kata dia.
Gilarsi menegaskan, pihaknya akan mengerahkan 25 ribu karyawan yang dilatih menjadi digital fasilitator yang membantu mengunggah produk UMKM ke media sosial ataupun situs internet bekerja sama dengan Nurbaya Initiative.
Nantinya petugas Pos yang dibekali berbagai perangkat saat berkeliling di wilayah masing-masing akan melakukan survei UKM potensial serta membantu memasarkan produksi mereka ke jaringan internet.
Pos Indonesia dan Nurbaya Initiative hanya membantu dalam merekomendasikan marketplace yang sesuai untuk produk yang dijual oleh UKM. Hingga saat ini ruang yang disediakan oleh kedua perusahaan ini lebih banyak dimanfaatkan oleh pedagang ritel dan belum mencakup korporat.
Pos Indonesia bersama Nurbaya Initiative juga akan menyiapkan e-kios di seluruh kantor Pos untuk mengoptimalkan penjualan produk UMKM. Melalui gebrakan ini diharapkan pemasaran produk UMKM lebih efektif dan efisien.
STEVY WIDIA
Discussion about this post