Presiden Jokowi : Peran Pemuda dan UKM Penting Bagi Ekonomi Dunia

Presiden Joko Widodo memukul gong dengan disaksikan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma (kedua kanan), Menko Perekonomian Darmin Nasution (ketiga kanan), dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (ketiga kiri), Kepala BKPM Thomas Lembong (kedua kiri), dan Ketua Kadin Rosan Perkasa Roeslani saat membuka acara Business Summit rangkaian KTT IORA ke-20 tahun 2017. (Foto: Antara/Youngsters.id)

youngster.id - IORA Business Summit membahas perdagangan dan investasi termasuk UKM serta pemberdayaan perempuan dalam kegiatan usaha.Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo sempat menyinggung peran anak muda yang malah sibuk main pokemon.

Hal itu disampaikan Presiden pada saat membuka acara Business Summit dalam rangkaian KTT IORA ke-20 tahun 2017 Senin (6/3/2017) di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Joko Widodo mengatakan, ada tiga sosok yang penting dalam pertumbuhan ekonomi dunia. Ketiga pihak itu yakni UMKM, wanita, dan pemuda. Dan peran pemuda sangat besar. Jumlah angkatan kerja saat ini juga cukup besar. Potensi ini bila dimaksimalkan akan memberi dampak ekonomi yang baik bagi suatu negara.

“Kaum muda yang merupakan jumlah terbesar angkatan kerja, ini sebuah kekuatan. Kecuali mereka yang sibuk terus main Pokemon,” kata Presiden.

Selain itu Joko Widodo juga menyebut UMKM memiliki peran yang sangat penting bagi negara anggota IORA. UMKM Menjadi penghasil lebih dari setengah growth development bruto (GDP). Bahkan menyediakan 70 persen penyumbang lapangan kerja terbanyak.

“Kemudian wanita. Wanita yang merupakan pilar keluarga, etika dan rasa tanggung jawabnya biasanya jauh lebih baik dari kaum pria,” ucap Jokowi.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version