youngster.id - Kehadiran e-commerce telah mengubah kebiasaan berbelanja masyarakat. Mereka semakin sering berbelanja online termasuk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Dalam survei yang dilakukan Shopback pada 2.448 responden, terungkap bahwa produk yang banyak dibeli secara online adalah pulsa. Pemeblian pulsa selular menduduki peringkat pertama atau mencapai 58% responden untuk kategori produk yang paling sering dibeli. Pulsa mengungguli kategori fashion (55.8%) dan gadget (49,8%).
“Tak heran kalo hampir semua e-commerce menawarkan penjualan pulsa pada layanannya, termasuk e-commerce travel,” ujar Indra Yonathan Country General Manager Shopback Indonesia, Selasa (5/9/2017) di Jakarta.
Indra memperkirakan perubahan ini dikarenakan faktor kemudahan dan kenyamanan. Masyarakat bisa membeli kapan dan di mana saja hanya dengan menggunakan ponsel.
Kebutuhan utama lainnya seperti pembayaran listrik juga mengandalkan peran e-commerce (35,5%). Diikuti oleh pemanfaatan jasa transportasi online yang meningkat hingga 83%.
“Dari survey kami terlihat bahwa mayoritas konsumen online adalah kalangan usia 15 hingga 35 tahun. Mereka sangat produktif dan memiliki banyak kebutuhan yang harus diwujudkan,” ucap Indra.
STEVY WIDIA
Discussion about this post