Produk Kecantikan Lokal Berpeluang Besar Memikat Pasar

produk kecantikan

Produk kecantikan lokal semakin diburu. (Foto : Ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Produk kecantikan merupakan industri yang tumbuh pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Meski terus digempur dengan berbagai brand dan produk internasional, tapi brand lokal ternyata mampu menunjukkan perkembangan yang menjanjikan melalui kualitas dan harga yang bersaing serta strategi marketing dan branding yang baik.

Hal ini dikupas dalam episode kelima ShopeePay Talk dengan tema ‘Pikat Hati Masyarakat dengan Produk Lokal’. Melalui episode kali ini sejumlah founder produk kecantikan lokal mengungkap sejumlah kiat menggaet hati masyarakat dan pasar Indonesia hingga bersaing dengan produk skala internasional.

Gitta Amelia, Co-Founder Secondate Beauty mengatakan sejak awal, Secondate melihat peluang pertumbuhan produk kecantikan lokal di Indonesia cukup besar. Masyarakat mulai beralih membeli produk dari brand lokal yang memang memiliki kualitas yang baik namun tetap memperhatikan harga yang terjangkau bagi konsumen di Indonesia.

“Untuk itu, dalam setiap inovasi produk kami, Secondate Beauty berusaha untuk memperhatikan seluruh aspek penting yang menjadikan produk Secondate Beauty bukan hanya sebagai produk kecantikan, namun juga sebagai identitas dari penggunanya,” ungkap Gitta dalam talkshow virtual, Rabu (17/2/2021).

Senada dengan Gitta Amelia, Giorrando Grissandy, CEO Garis Temu menambahkan kesadaran dan tren untuk menggunakan produk lokal secara bertahap sudah terbentuk seiring dengan kreativitas yang dilakukan brand lokal dalam memperkenalkan dan mendekatkan brand-nya dengan masyarakat. Apalagi di era sosial media seperti sekarang ini, sudah menjadi keharusan untuk “memanusiakan” brand yang dimiliki.

“Karena itu, cara ini juga menjadi bagian penting untuk menciptakan competitive advantage yang membedakan brand lokal dengan kompetitornya. Kunci untuk dapat menarik perhatian masyarakat adalah dengan menciptakan konten atau informasi menarik yang relatable dan shareable,” ungkapnya.

Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay mengatakan menilik lebih dekat tentang produk lokal, kosmetik atau produk kecantikan merupakan salah satu industri yang tumbuh dengan sangat pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

“Untuk itu, melalui informasi yang dibagikan kali ini serta dukungan dari layanan, program, dan kampanye yang dihadirkan, kami berharap ShopeePay dapat mendorong lebih banyak bisnis lokal untuk tumbuh lebih besar,” ujar Eka.

 

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version