Program Facebook Laju Digital untuk wilayah Indonesia Timur Berakhir di Mataram

Rubben Hattari, Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia , dan Indah Purwanti, Pendiri Indah Mutiara Lombok pada program Facebook Laju Digital untuk wilayah Indonesia Timur di Mataram. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Facebook mengakhiri rangkaian program Facebook Laju Digital untuk wilayah Indonesia Timur pada tanggal 10 Oktober 2019 pekan lalu di Mataram. Kota Mataram menjadi kota ke-9 di Indonesia Timur dan kota ke-16 dari seluruh rangkaian program Laju Digital di Indonesia.

Sejak September 2018, Facebook, melalui kampanye Facebook Laju Digital, telah memberikan keterampilan digital dan pelatihan bagi pelaku usaha kecil dan menengah, komunitas, instansi pemerintah dan pelajar di 9 kota di wilayah Indonesia Timur dan 7 kota di wilayah Indonesia Barat.

Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia mengatakan, kegiatan Facebook Laju Digital di Indonesia bagian timur telah berakhir. Mataram menjadi kota terakhir dari program ini. Sampai dengan pertengahan tahun 2019, kampanye Facebook Laju Digital telah memberikan pelatihan bagi lebih dari 12.000 peserta di 16 kota di seluruh Indonesia.

“Kami di Facebook berkomitmen untuk membantu pemerintah, pelaku usaha kecil dan menengah, komunitas, serta generasi muda di seluruh Indonesia dari bagian Barat hingga daerah di Indonesia Timur. Semua program di bawah kampanye Facebook Laju Digital tersedia tanpa dipungut biaya untuk seluruh lapisan masyarakat dengan berbagai tingkat keterampilan digital yang berbeda,” kata Ruben dalam keterangannya, Rabu (16/10/2019).

Kampanye Facebook Laju Digital merupakan hasil kerjasama Facebook dengan Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Relawan TIK, Siberkreasi, Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gajah Mada. Facebook juga bekerjasama dengan YCAB Foundation untuk menghadirkan pelatihan bagi pelajar tingkat SMA/SMK di empat kota di wilayah Indonesia Timur sepanjang tahun 2019.

Kampanye Facebook Laju Digital ini bertujuan memperluas dan meningkatkan keterampilan digital bagi para pencari kerja, pelaku usaha kecil dan menengah, komunitas, instansi pemerintah dan pelajar. Pelatihan dari Facebook membantu masyarakat Indonesia meningkatkan keterampilan dalam optimalisasi pemakaian media sosial.

Sejak tahun 2016, program literasi digital Facebook telah menjangkau lebih dari 11.000 siswa dan 100 komunitas di kota-kota besar di Indonesia.

STEVY WIDIA