Program Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2016

KJSA adalah program penghargaan kepada karya sains terbaik di Indonesia untuk sekolah dasar. (Foto : kalbe.co.id)

youngster.id - Program penghargaan kepada karya sains terbaik di Indonesia untuk sekolah dasar (SD), Program Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2016, kembali digelar oleh PT Kalbe Farma Tbk.

“KJSA yang diluncurkan sejak enam tahun yang lalu terus mengalami peningkatan jumlah peserta. Untuk 2015, ada 700 peserta dengan 811 karya tulis sains dari 23 provinsi,” kata Vidjongtius Direktur PT Kalbe Farma Tbk, dalam keterangan pers ┬ádi kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta b elum lama ini.

Untuk karya sains yang akan diperlombakan, lanjut dia, bisa dari bidang IPA, Teknologi terapan, dan Matematika, atau kombinasi dari ketiganya. Selain itu, jelas Vidjongtius, setiap siswa bebas berkreasi memilih tema dari pembelajarannya, lingkungan hidup, tempat tinggal, masyarakat, energi, dan makluk hidup.

“Adapun kriteria penilaian yang digunakan dalam KJSA 2016 berdasarkan keaslian ide, proses, realisasi, dan manfaat dari hasil karya bagi lingkungan sekitar dan masyarakat,” bebernya.

Untuk pendaftaran sendiri, kata Vidjongtius, dapat dilakukan hingga Juni 2016. Setiap peserta wajib mengirimkan berkas antara lain formulir pendaftaran profil peserta, ringkasan hasil karya ide sains dengan penjelasan mengapa memilih ide tersebut.

“Bagi 18 karya terbaik berdasarkan nilai tertinggi, akan diundang ke Jakarta pada 18 hingga 22 Juni 2016 untuk mempresentasikan karyanya di depan juri. Tahap berikutnya, akan dipilih sembilan karya terbaik sebagai pemenang,” tambahnya

Menurut Vidjongtios kreativitas siswa tersebuttidak terlepas dari peran aktif para guru untuk meningkatkan motivasi siswa. Selain itu, peran guru juga sangat penting dalam menumbuhkan kreatifitas siswa untuk terus berkontribusi bagi kehidupan masyarakat yang lebih baik.

“KJSA mengajak siswa-siswi untuk menghasilkan karya sains melalui pengamatan permasalahan di sekitar dan mencari jawabannya,” kata Vidjongtius.

 

STEVY WIDIA