youngster.id - Program loyalitas merupakan satu diantara berbagai jenis strategi yang dapat dijalankan oleh para pelaku usaha. Ini merupakan metode yang efektif untuk mempertahankan pelanggan melalui pemberian insentif agar mereka melakukan pembelian berulang bagi produk dan jasa yang ditawarkan.
Penelitian dari Nielsen bahkan menyebutkan bahwa 84% konsumen cenderung lebih memilih retail yang menawarkan program loyalitas kepada pelanggannya. Karena itu, dengan memanfaatkan program loyalitas, bisnis dapat menjaga hubungan dengan pelanggan setia melalui keutamaan mengenal produk populer, pola pembelian, serta masukan dan kritik yang diberikan oleh pelanggan.
Moka, startup penyedia layanan kasir digital memperkenalkan keuntungan program loyalitas berbasis digital kepada para wirausaha wanita yang menghadiri acara Indonesia’s Women Forum belum lama ini di Jakarta.
Bayu Ramadhan, VP Brand & Marketing Moka mengungkapkan, merchant Moka yang telah mengaplikasikan program loyalitas terbukti berhasil mengalami peningkatan pendapatannya sebesar rata-rata 48,47%.
“Selain mudah karena semua sistem berbasis digital, program loyalitas juga dapat membantu bisnis dalam meningkatkan pendapatannya, dan tentunya bisa lebih dekat dengan pelanggan,” saat memberikan workshop.
Moka yang telah dipercaya oleh lebih dari 12.000 outlet di Indonesia mengisi seminar dengan berbagi kepada para pelaku usaha untuk memanfaatkan program loyalitas kepada pelanggan melalui platform digital.
Tiga keuntungan lain yang didapatkan dari program loyalitas adalah pertama, akan membuat 50% pelanggan dengan program loyalitas lebih condong mencoba produk baru. Kedua, strategi mempertahankan pelanggan dengan program loyalitas terbukti memiliki lima kali lipat biaya lebih rendah untuk bisnis, dan yang ketiga, akan lebih menguntungkan bagi pemilik bisnis karena pelanggan dengan program loyalitas akan berbelanja 31% lebih banyak dari pelanggan yang lain.
Turut hadir juga pada sesi ‘Memenangkan Bisnis di Industri Service’, Rima WS, pemilik dari ItjeHer Salon yang sudah memiliki lima cabang di Jakarta, mengatakan bahwa kunci utama keberhasilan dari industri jasa adalah dengan memberikan pelatihan yang baik serta perhatian khusus kepada pegawai yang ia miliki.
“Saya selalu memperhatikan perilaku dari pegawai salon karena pegawai akan menjadi pihak pertama yang dekat dengan pelanggan. Baik ketika melayani, maupun menjadi pendengar ketika pelanggan menyampaikan keluhan,” ujarnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post