youngster.id - Tiga bulan setelah bergabung dalam program TikTok Rising Indonesia, dua musisi MALIQ & D’Essentials dan Avolia telah mengalami peningkatan popularitas yang signifikan di TikTok.
Program TikTok Rising Indonesia yang diluncurkan pada bulan Maret lalu merupakan inisiatif terbaru dari TikTok yang dirancang untuk menemukan dan menampilkan talenta lokal baik musisi yang sudah mapan, pendatang baru, terikat dengan label, atau berdiri secara mandiri. Musisi dan kreator musik dapat mengakses berbagai dukungan yang disediakan oleh program TikTok Rising beserta tagar, dan fitur platform lainnya, untuk menampilkan karya mereka, ditemukan, dan berinteraksi dengan komunitas.
Selain itu, tim TikTok juga rutin memantau tagar #RisingOnTikTok untuk menemukan musisi pendatang baru yang sedang naik daun di TikTok. Sejumlah musisi pendatang baru ini pun akan berkesempatan untuk mengikuti program TikTok Rising Indonesia, seperti yang dialami oleh MALIQ & D’Essentials dan Avolia.
Christo Putra, Product Strategy Lead, TikTok Artist Services SEA mengatakan, musisi yang tergabung dalam program TikTok Rising Indonesia akan mendapatkan pengarahan tentang cara menggunakan alat dan fitur yang tersedia di TikTok untuk meningkatkan kehadiran mereka dan terhubung dengan audiens baru.
“Melalui program TikTok Rising Indonesia, kami dapat menemukan musisi dan lagu yang memiliki potensi serta membekali mereka dengan alat yang diperlukan untuk meningkatkan eksposur mereka dan menjangkau audiens yang lebih luas,” kata Christo, dikutip Kamis (11/7/2024).
Sosok yang mewarnai kancah musik Indonesia selama dua dekade terakhir, MALIQ & D’Essentials kembali merasakan popularitas berkat lagu mereka, ‘Kita Bikin Romantis’ yang trending di TikTok. Walau awalnya tidak yakin akan cara memanfaatkan platform ini, upaya MALIQ & D’Essentials untuk memahami cara kerja TikTok—yang didukung oleh tim TikTok—membuahkan hasil manis.
Pada bulan Maret lalu, ada 1 juta konten menggunakan klip lagu tersebut. Hanya dalam tiga bulan, jumlah ini meningkat pesat hingga 280%, mencapai lebih dari 3,8 juta* unggahan konten di TikTok. Grup musik ini juga menikmati lonjakan pemutaran di Spotify sebanyak 28 juta kali, atau meningkat hingga 1.547% dibandingkan tiga bulan lalu.
“Kami tidak menyangka bahwa single Kita Bikin Romantis yang kami unggah di TikTok tidak hanya menjangkau penggemar dewasa, tetapi juga pendengar muda. Melihat berbagai konten yang menggunakan lagu ini di TikTok juga berhasil bikin semangat kami meningkat! Ada banyak banget interpretasi dari lagu ini di TikTok dan hal inilah yang membuat perjalanan kami sebagai musisi semakin seru!,” terang Widi Puradiredja mewakili grup musik ini.
Penyanyi pendatang baru Avolia juga berbagi pengalaman serupa setelah terpilih untuk bergabung dalam program TikTok Rising Indonesia, berkat lagunya ‘Kamu Pemain Aku Pelatih’ yang trending di TikTok. Setelah tiga bulan, single milik penyanyi 27 tahun ini terus disukai oleh komunitas TikTok, terlihat dari penggunaan lagu Avolia di hampir 65 ribu* konten di TikTok. Avolia juga melihat peningkatan pemutaran untuk single-nya di Spotify, di mana lagu tersebut telah mencapai 1,9 juta streaming.
“Saya tidak pernah membayangkan bahwa setelah ditemukan oleh komunitas dan meluncurkan lagu saya sendiri, TikTok tetap melihat potensi untuk mengembangkan kehadiran saya, baik di dalam maupun di luar aplikasi. Menjadi bagian dari program TikTok Rising Indonesia selama tiga bulan terakhir sungguh luar biasa bagi saya. Program ini telah menunjukkan musisi seperti saya akan betapa pentingnya membangun interaksi yang bermakna dengan para fans dan penikmat musik di seluruh Indonesia,” ungkap Avolia, yang rutin berinteraksi dengan penggemarnya melalui TikTok LIVE.
Para musisi dan kreator yang ingin ditemukan oleh TikTok untuk ikut bergabung dalam program TikTok Rising Indonesia dapat mengikuti jejak Avolia dan MALIQ & D’Essentials dengan membagikan karyanya menggunakan tagar #RisingOnTikTok di kontennya. Selain itu, musisi dan kreator musik juga dapat mengunjungi laman TikTok Rising Indonesia untuk menemukan berbagai alat dan fitur untuk meningkatkan eksposur, memperluas basis penggemar atau komunitas, serta menjajaki peluang baru.
STEVY WIDIA