youngster.id - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) menjadi bagian dari program e-commerce tahunan. Ajang yang akan berlangsung 12-14 Desember 2016 ini diharapkan akan dapat mendorong masyarakat untuk biasa berbelanja online. Salah satu faktor pemikat ajang ini adalah program promosi dan diskon.
Dari hasil survey online Shopback terkait minat konsumen terhadap Harbolnas, didapati promosi yang ditawarkan e-commerce menjadi pertimbangan utama berbelanja online. “Sebanyak 77,1 % konsumen di Indonesia masih mempertimbangkan promosi dan diskon sebagai alasan mereka berbelanja secara online. Makanya, e-commerce berlomba-lomba melakukan promosi dan diskon,” ungkap Indra Yonathan, Country General Manager ShopBack Indonesia, kepada media Selasa (6/12/2016) di Jakarta.
Oleh karena itu, e-commerce peserta Harbolnas berlomba-lomba memberikan program tersebut kepada para pembeli. Selain itu, Yonathan memaparkan bahwa Shopback mendapati 12 fakta menarik dari survey pada 2.734 responden terkait minat konsumen belanja online. Termasuk soal jenis promo dan diskon yang seperti apa sih yang banyak membuat konsumen untuk mau berbelanja saat Harbolnas.
“Data kkami menyebutkan bahwa 43,4 % konsumen memilih jenis promo voucher potongan, 37,5 % lainnya tertarik karena ada harga spesial pada produk-produk, lalu 18,1 % tergoda karena promo pemasaran yang menarik, 0,3 % karena undian, dan terakhir malah 0,4 terpicu belanja jika ada barang atau produk edisi terbatas,” jelasnya.
Dari hasil survey tersebut Yonathan memperkirakan, Harbolnas akan mengalami puncak pada tanggal 12 Desember. Kehadiran Harbolnas mendatang diharapkan responden dapat menghadirkan program promo dan penawaran lebih menarik dibandingkan tahun sebelumnya. “Kami berharap, pelaku e-commerce semakin tepat dalam mengimplementasikan strategi pemasaran serta penjualannya berkat referensi akurat yang bermanfaat dalam menggambarkan psikografik target pasarnya,” ucap Yonathan.
Menurut dia, penyelenggaraan Harbolnas kali ini mengalami peningkatan hingga lebih dari 200 peserta dibandingkan tahun lalu yang hanya sebanyak 144 peserta.“Harbolnas merupakan salah satu dari program e-commerce di Indonesia untuk membiaskan masyarkat berbelanja secara online. Survey ini kami lakukan sebagai bentuk komitmen ShopBack sebagai mitra resmi cashback Harbolnas 2016,” ujar mantan ketua panitia Harbolnas 2015 lalu itu.
STEVY WIDIA
Discussion about this post