Pusat Oleh-Oleh Jadi Ikon Sumut

YOUNGSTER.id - Dinas Koperasi dan UMKM Sumatra Utara berencana siapkan pusat oleh-oleh khas Sumut pada bulan depan. Pusat oleh-oleh ini akan menjadi ikon Sumut dan mendukung pengembangan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut M. Zein Siregar menuturkan pembangunan pusat oleh-oleh dimulai pada tahun lalu. Pembangunannya menghabiskan anggaran Rp16 miliar. Pusat oleh-oleh ini berada di Jalan Binjai.

“Sejak tahun lalu, kami sudah berencana membangun sebuah gedung pusat promosi produk khas Sumut. Produk ini bisa menjadi oleh-oleh bagi para wisatawan yang datang berkunjung,” ucapnya Sabtu (12/3/2016) dilansir Bisnis.com.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, produk yang dimaksud merupakan hasil produksi UMKM. Zein berharap, nantinya pusat oleh-oleh ini akan menjadi salah satu ikon Sumut, seperti Krisna di Bali atau Malang Go.

“Selama ini untuk membeli oleh-oleh khas Sumut, wisatawan harus membeli di beberapa tempat yang lokasinya berjauhan. Tapi dengan adanya pusat oleh-oleh ini mereka cukup ke sini saja. Selain itu, kami juga ingin membantu pelaku UMKM memasarkan produknya,” kata Zein.

 

STEVY WIDIA