Quipper Hadirkan Layanan Belajar Online Dengan Pendampingan Tutor

Maudy Ayunda, Brand Ambassador Quipper Video. (Foto: Youtube/Youngster.id)

youngster.id - Satu tahun lebih sudah pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), namun masih dijumpai tantangan pada proses pendidikan yang akhirnya bermuara pada masalah yang sebelumnya belum banyak terpikirkan, yakni learning loss atau kehilangan pembelajaran.

The Education and Development Forum (2020) mengartikan bahwa learning loss adalah situasi di mana peserta didik kehilangan pengetahuan dan keterampilan yang terjadi karena kesenjangan yang berkepanjangan atau tidak berlangsungnya proses pendidikan. Berdasarkan Economist, World Bank, persentase learning loss akan meningkat sebanyak 10% apabila keadaan ini dibiarkan terus menerus.

Dalam mengupayakan optimalisasi proses pembelajaran jarak jauh, langkah strategis dan nyata dari berbagai pihak menjadi kebutuhan utama sehingga siswa dapat keluar dari ancaman learning loss. Perusahaan teknologi pendidikan Quipper menyebutkan peran edtech tidak hanya terbatas sebagai penyedia tambahan materi ajar.

Quipper Indonesia, Ruth Ayu Hapsari Business Strategy and Growth Senior Manager mengatakan dalam upaya untuk membantu siswa memahami sebuah materi ajar, pembelajaran interaktif yang disertai dukungan penuh dapat membantu siswa untuk dapat terus memaksimalkan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif.

“Pada dasarnya tahun ini kami ingin dapat memberikan pengalaman belajar online yang lebih baik lagi untuk siswa agar dapat membantu proses belajar siswa menjadi lebih optimal, baik ketika belajar dari rumah atau pada masa transisi kembali belajar tatap muka. Hal ini kami lakukan dengan menambahkan fitur tambahan yang interaktif dan efektif serta beberapa tawaran paket belajar yang lebih lengkap,” kata Ayu dalam keterangan pers, Jumat (30/7/2021).

Menurut dia, melalui fitur Tanya Tutor dan Live Class dari Quipper maka siswa-siswi dapat lebih terbantu lagi dalam proses belajar mandiri. Selain itu, untuk menyambut tahun ajaran baru 2021/2022, Quipper telah  meluncurkan paket belajar yang lebih beragam dan menghadirkan fitur gratis Tanya Tutor  dan Live Class di semua paket belajarnya yang dapat dimanfaatkan oleh para pelajar SMP hingga SMA.

“Alasan utamanya adalah untuk membantu siswa dalam proses pemahaman materi disaat membutuhkan penjelasan lebih lanjut serta untuk meningkatkan motivasi belajar terutama ketika siswa saat ini lebih banyak dituntut untuk bisa belajar secara mandiri,” tambahnya.

Lebih dari itu, Quipper juga menghadirkan sederet fitur penunjang guna meningkatkan kenyamanan dan kemudahan belajar siswa. Terdapat beberapa fitur terbaru diantaranya adalah Rekomendasi Topik, Memperkecil tampilan Video, dan Mode Gelap. Setiap fitur penunjang, memiliki fungsi untuk membuat pengalaman belajar para siswa dalam menggunakan aplikasi Quipper lebih baik lagi.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version