Relawan Kelas Inspirasi Jakarta Berbagi tentang Profesi

Sebanyak 938 relawan Kelas Inspirasi Jakarta 6 mengadakan kegiatan Hari Inspiasi di 35 SD (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Bertepatan dengan peringatan Hari Pramuka, Kelas Inspirasi Jakarta #6 menyelenggarakan kegiatan yang disebut sebagai Hari Inspirasi. Kegiatan itu diikuti 938 relawan.

Pada Hari Inspirasi, (14/8/2017), seluruh relawan Kelas Inspirasi Jakarta 6 yang terdiri dari relawan pengajar, relawan dokumentasi (fotografer dan videografer), dan relawan fasilitator, terjun langsung ke sekolah-sekolah terpilih di Jakarta guna mengajar siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) tentang dunia profesi.

Tahun ini, Kelas Inspirasi Jakarta mengangkat tema “Merdeka Bercita-Cita”. Menurut Nyoman Alit Suciatiningrum Yoga, Koordinator Sosialisasi dan Komunikasi Kelas Inspirasi Jakarta 6, tema tersebut dipilih lantaran Hari Inspirasi diselenggarakan tepat 3 hari sebelum peringatan HUT Republik Indonesia ke-72.

“Dengan mengangkat tema ‘Merdeka Bercita-Cita’, kami berharap agar setiap generasi bangsa dapat secara merdeka menentukan cita-cita mereka di masa depan. Kami percaya bahwa setiap anak memiliki bakat dan kemampuannya masing-masing. Untuk itu, kami berupaya mengenalkan berbagai macam profesi yang ada di dunia kerja seraya berharap agar kelak mereka bisa seperti apa yang mereka cita-citakan,” jelas Nyoman.

Baca juga :   Relawan DBS Warnai Kampung Mural di Jakarta

Total keseluruhan calon relawan Kelas Inspirasi Jakarta 6 tidak kurang dari 1600 profesional muda. Namun setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat, akhirnya terpilih 938 relawan dengan komposisi 740 relawan pengajar, 193 relawan dokumentasi, dan 55 relawan fasilitator. Khusus untuk relawan pengajar, mereka yang terpilih disyaratkan memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun serta mempersiapakan lesson plan (materi ajar) yang nanti akan disampaikan kepada para siswa.

Sementara itu, dari 63 sekolah yang telah disurvei, hanya 35 sekolah yang terpilih. sekolah berkebutuhan khusus seperti SLB Negeri 4 Jakarta.

Kelas Inspirasi merupakan kegiatan yang mewadahi para profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi memajukan pendidikan Indonesia. Melalui program Kelas Inspirasi, para profesional (khususnya relawan pengajar) akan berinteraksi langsung dengan siswa-siswi SD untuk berbagi cerita tentang profesi mereka serta memberi motivasi kepada para siswa untuk bersemangat menggapai cita-cita.

Gerakan Kelas Inspirasi digagas pertama kali sejak 25 April 2012 yang ditandai dengan penyelenggaraan serentak di 25 lokasi SD di Jakarta. Melalui program Kelas Inspirasi, diharapkan dapat memberikan kebermanfaatan untuk para siswa dan para relawan.

Baca juga :   Shoppe Catatkan Rekor Transaksi

Dari perspektif siswa, Kelas Inspirasi diharapkan dapat menjadi wadah bagi para siswa untuk mengetahui ragam profesi yang dapat mereka pilih sebagai cita-cita mereka. Dari perspektif relawan, diharapakan Kelas Inspirasi dapat memberikan pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa.

 

FAHRUL ANWAR