Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Riset : 89% UKM RI Kembangkan Bisnis Pakai Ekosistem Facebook

21 Oktober 2019
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Program Facebook Laju Digital untuk wilayah Indonesia Timur Berakhir di Mataram

Rubben Hattari, Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia , dan Indah Purwanti, Pendiri Indah Mutiara Lombok pada program Facebook Laju Digital untuk wilayah Indonesia Timur di Mataram. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Riset Facebook bersama PT PricewaterhouseCoopers (PwC) Indonesia dan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menyebutkan, 89% Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia menggunakan empat aplikasi besutan Facebook untuk mengembangkan bisnisnya.

Public Policy Lead Facebook Indonesia Ruben Hattari mengatakan, aplikasi itu adalah Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Instagram dan Facebook umumnya digunakan untuk memasarkan produk dan menggaet pelanggan. Sedangkan, WhatsApp dan Messenger dimanfaatkan untuk percakapan dengan pelanggan.

“Jadi, intinya dari semua lini bisnis Facebook, tiap aplikasi memiliki peranannya masing-masing, tergantung dari sisi apa pelaku usaha ingin mendorong bisnisnya,” kata Ruben dalam keterangan pers Facebook Indonesia Summit baru-baru ini di Jakarta.

Baca juga :   Infrastruktur dan Sinergi Antara Pemangku Kepentingan Jadi Kunci Peningkatan Keuangan Digital

Lebih jauh lagi, Ruben mengungkapkan bahwa saat ini estimasi jumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia mencapai 5,9 juta. Dalam sektor ini, Facebook disebutkan mampu berperan dalam mengurangi biaya pemasaran hingga 75%. “Bahkan, studi ini melaporkan Facebook membantu meningkatkan jumlah pelanggan mereka hingga 92%,” lanjutnya.

Menurut dia, hasil risetnya menunjukkan bahwa keempat platfrom itu juga membantu UKM mengakses peluang baru dalam bisnis. Rinciannya, mengurangi biaya pemasaran (75%), meningkatkan jumlah pelanggan (92%), mengurangi hambatan pertumbuhan (74%), serta efisiensi manajemen staf dan operasional (71%).

Ia juga menyampaikan bahwa platform-nya membantu UKM memperluas pasar. Berdasarkan riset tersebut. 95% UKM mendapat pesanan dari wilayah yang sama dan 68% mendapat konsumen dari kota baru. Lalu, 16% UKM menembus pasar internasional lewat platform Facebook. “Hal (keberhasilan) ini tentu seiring dengan tujuan pemerintah dalam mendorong produk-produk Indonesia untuk ‘Go International’,” kata dia.

Baca juga :   Kevin Andhika : Buka Bisnis Ikan Hias Guppy Dari Kamar Kost

Saat ini, WhatsApp Bussiness pun melakukan uji coba fitur katalog di Indonesia, sejak beberapa minggu lalu. Bedanya dengan yang ada di Instagram, yakni dari segi kesederhanaan konten. “Ini bakal dirilis secara global secepatnya,” kata Director of Communication WhatsApp Sravanthi Dev.

Fitur katalog pada WhatsApp for Bussiness tidak berfokus untuk menggaet konsumen. Sebab, ketika sudah masuk ke layanan ini pelanggan sudah tahu mau membeli produk apa. Berbeda dengan di Instagram yang fokus menjaring pembeli. “(Fitur katalog) di WhatsApp Bussiness bakal lebih simpel dari itu (fitur katalog di Instagram). Akan ada experience yang berbeda dari Instagram,” ujarnya.

Saat ini, WhatsApp memiliki 1,5 miliar pengguna secara global. Sedangkan khusus untuk WhatsApp Bussiness ada sekitar 5 juta pengguna di dunia. Adapun riset ini bertajuk ‘Connecting Indonesia” Facebook’s Social and Economic Impacts in Indonesia’ ini dilakukan pada 27 Juni hingga 6 Agustus 2019 di seluruh provinsi Indonesia. Survei ini melibatkan 1.220 responden individual, serta tiga segmen tambahan di 15 kota yakni 1.033 pelaku bisnis, 565 komunitas, dan 410 pegawai pemerintah.

Baca juga :   Modalku Gandeng 54 Ribu Investor Untuk Bantu UKM

STEVY WIDIA

Tags: FacebookinstagrammessengerUsaha Kecil dan Menengah (UKM)WhatsApp
Previous Post

Gojek Buka Akses Untuk Muslimat NU Cirebon ke Ekonomi Digital

Next Post

Aplikasi KESAN Tunjang Ibadah Santri

Related Posts

Instagram Reels
News

Pengguna Instagram Sudah Capai 3 Miliar

26 September 2025
0
WhatsApp Hadirkan Meta AI, Chatbot Serbaguna Berbasis Kecerdasan Buatan
News

WhatsApp Punya Fitur AI Yang Kasih Alternatif Gaya Bahasa Pesan

1 September 2025
0
YouTube Perluas Program Afiliasi YouTube Shopping di Indonesia
News

YouTube dan Instagram Jadi Media Sosial Paling Populer di Indonesia

29 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Aplikasi KESAN Tunjang Ibadah Santri

Aplikasi KESAN Tunjang Ibadah Santri

Nadiem Makarim Tinggalkan Gojek dan Masuk Istana

Nadiem Makarim Tinggalkan Gojek dan Masuk Istana

Kembangkan Layanan, Yummy Corp Akuisisi Berrykitchen

Startup Cloud Kitchen Yummy Corp Peroleh Suntikan Investasi Baru

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version