Roadshow Foodstartup Indonesia Ke Surabaya

Bekraf menyelenggarakan roadshow kompetisi dan konferensi Food Startup Indonesia. (Foto: Bekraf/Youngsters.id)

youngster.id - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar roadshow kompetisi dan konferensi Food Startup Indonesia (FSI) di Kota Surabaya.

“FSI ini adalah upaya Bekraf menjaring foodstartup berkualitas Indonesia untuk dipertemukan dengan para investor yang tertarik berinvestasi,” ucap Fadjar Hutomo Deputi Akses Permodalan Bekraf dalam keterangan resmi Bekraf, Kamis (27/4/2017).

Roadshow ini meliputi sosialisasi kompetisi dan konferensi FSI. Sebelumnya Bekraf telah mengunjungi Makassar (21/4), Lombok (17/4), dan Medan (11/4). Pada kesempatan ini , Fajar juga menjelaskan peran dan program kerja Deputi Akses Permodalan Bekraf pada pengembangan subsektor kuliner terkait FSI.

“Lebih dari 100 orang telah mendaftar demoday FSI yang diselenggarakan di Bali dan Bandung nanti. 290 pelaku usaha ekonomi kreatif subsektor kuliner serta media hadir pada sosialisasi di Medan, Lombok, dan Makassar,” ungkapnya.

Menurut Fajar, Bekraf berupaya menjaring potensi pelaku usaha ekonomi kreatif sub sektor kuliner dari berbagai daerah di Indonesia melalui FSI. Materi roadshow FSI ini yaitu cara membuat pitch dan mempresentasikannya untuk menggaet investor.

Baca juga :   20 Tokoh Ternama Dunia Tampil di WCCE

Bekraf jgua memberi kesempatan para pelaku ekonomi kreatif subsektor kuliner yang sudah berjalan selama satu hingga lima tahun, yang memiliki ide kreatif, rekam jejak transaksi atau produksi, inovasi produk, model bisnis yang unggul, traksi (traction) dan segmen pasar, memiliki potensi peningkatan skalabilitas, dan mampu menarik investor untuk berinvestasi serta memperoleh materi pembuatan dan cara mempresentasikan pitch deck.

Direktorat Akses Non Perbankan, Deputi Akses Permodalan Bekraf memfasilitasi pelaku usaha ekonomi kreatif untuk meningkatkan kapasitas melalui FSI.

Karena itu para startup yang lolos seleksi dan mengikuti demoday FSI di Bali (22-24/5) atau di Bandung (17-19/7) berkesempatan bertemu dengan calon investor dan mentoring dengan para juri melalui pitch deck yang dipresentasikan oleh pelaku ekonomi kreatif subsektor kuliner.

Ada 50 startup yang mengikuti demoday di Bali dan 50 startup yang mengikuti demoday di Bandung, akan dikerucutkan menjadi 20 foodstartup pilihan dari Bandung dan Bali. Mereka akan berkompetisi dengan 10 startup dari FSI 2016 pada Final Pitching Day di Jakarta Agustus ini.

Baca juga :   10 Finalis Pucuk Cool Jam 2018 Dapat Workshop Kreatif dari SAE Institute di Jakarta

STEVY WIDIA