Ruangguru Luncurkan Program Indonesia Teacher Prize 2018

Ruangguru gelar Learning Innovation Summit 2018 di Jakarta. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Ruangguru, penyedia layanan jasa pendidikan terbesar di Indonesia, meluncurkan program Indonesia Teacher Prize 2018. Ajang berskala nasional untuk mencari dan memberikan apresiasi kepada guru-guru terbaik di Indonesia.

CEO Ruangguru, Belva Devara mengatakan Ruangguru secara konsisten berinovasi untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, salah satu faktor yang menentukan keberhasilan sebuah proses belajar mengajar adalah guru.

“Program Indonesia Teacher Prize diselenggarakan untuk menemukan pengajar terbaik di Indonesia, jika selama ini mereka hanya mengajar beberapa murid di dalam sebuah kelas, menjadi Master Teacher di Ruangguru memungkinkan mereka untuk dapat membagikan ilmu yang mereka miliki ke jutaan murid di Indonesia, ” ujar Belva melalui siaran persnya Sabtu (26/8/2018).

Ajang ini berhadiah total lebih dari 500 juta rupiah dan para guru terpilih juga akan mendapatkan kontrak eksklusif untuk mengajar di aplikasi Ruangguru.

Audisi akan berlangsung mulai dari tanggal 18 Agustus – 30 September 2018. Untuk audisi online, peserta dapat mengirimkan data diri serta mengunggah contoh video mengajar mereka dengan durasi maksimal 15 menit di halaman audisi.ruangguru.com.

Baca juga :   Bank OCBC NISP Lakukan Transformasi Digital

Bagi calon peserta yang membutuhkan bantuan dalam proses perekaman video, dapat mengikuti audisi datang langsung dengan datang ke Warunk Upnormal yang tersebar di 18 kota audisi di Indonesia yaitu Medan, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Tangerang, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Bekasi, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Makassar, Pontianak, dan Samarinda mulai tanggal 25 Agustus 2018.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama yaitu tahap audisi yang diselenggarakan melalui audisi online dan walk-in audition (datang langsung), selanjutnya tahap kedua adalah babak final yang akan diselenggarakan di Jakarta, para guru terpilih akan menjalani penilaian oleh berbagai pakar di bidangnya. Kegiatan ini terbuka untuk siapa saja, termasuk bagi yang tidak berprofesi sebagai guru selama peserta yang bersangkutan berusia di atas 18 tahun.

Peserta dapat memilih mengikuti audisi untuk jenjang SD, SMP atau SMA, dan mengajar salah satu atau lebih dari mata pelajaran yang dikompetisikan yaitu Sains (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi) atau Sosial Humaniora (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Geografi, Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, dan Kewarganegaraan). Selain kedua bidang tersebut, juga ada kategori ketiga yaitu kategori Motivasi dan Inspirasi dengan membuat video motivasi untuk para siswa seperti tips menghadapi rasa malas atau tips belajar.

Baca juga :   Ruangguru Dorong Pemerataan Pendidikan Berkualitas

Ruangguru merupakan perusahaan berbasis teknologi terbesar di Indonesia yang didirikan oleh Belva Devara dan Iman Usman yang menyediakan berbagai konten belajar untuk pelajar (SD, SMP, dan SMA) dan profesional di Indonesia. Saat ini telah terdaftar lebih dari 9 juta siswa, adapun fitur yang tersedia di aplikasi Ruangguru yaitu ruangbelajar berupa video belajar, latihan soal, dan rangkuman pelajaran yang dirancang khusus oleh pengajar terbaik dan berpengalaman, jasa pencarian guru privat yang bernama ruangles, grup chat belajar bernama digitalbootcamp, jasa konsultasi belajar privat online yang bernama ruanglesonline, dan fasilitas tryout ujian yang bernama ruanguji.

FAHRUL ANWAR