Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Sarah, Layanan Pelanggan Berbasis GenAI Yang Dipersonalisasi

9 Juli 2025
in News
Reading Time: 2 mins read
Sarah, Layanan Pelanggan Berbasis GenAI Yang Dipersonalisasi

Peluncuran asisten virtual Smartfren, Sarah. (Foto: stevywidia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, perusahaan kini dituntut untuk memberikan layanan pelanggan (customer service) yang cepat, efisien, dan responsif. Hal ini mendorng tren adaptasi teknologi artificial intelligence (AI) untuk customer service. Servion Global Solutions memperkirakan bahwa AI akan mengendalikan 95% dari semua interaksi pelanggan pada tahun 2025.

Hal ini mendorong PT XLSMART Telekom Sejahtera melalui merek layanan Smartfren, resmi memperkenalkan Sarah, asisten virtual berbasis generative AI (GenAI) sebagai wajah baru dari Smartfren Care.

Direktur & Chief Commercial Officer XLSMART, David Arcelus Oses mengatakan, Sarah dirancang untuk menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih cepat, responsif, dan solutif melalui platform digital.

“Dengan layanan ini, pengguna Smartfren bisa mendapatkan informasi dan bantuan secara lebih cepat dan efisien, langsung dari genggaman tangan mereka. Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan pengalaman digital yang lebih baik, seiring dengan upaya kami membangun ekosistem layanan digital yang modern, responsif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini,” katanya pada peluncuran Sarah, Selasa (8/7/2025) di Jakarta.

Baca juga :   Operator Ini Atasi Lonjakan Traffic Internet Dengan Teknologi Switch Over

Menurut David, Sarah bukan sekadar chatbot karena dirancang memberikan layanan pelanggan yang lebih responsif, aktif dan personal. Apalagi saat ini pengguna Smartfren telah di dukung  dengan jaringan XLSMART yang diperkuat dengan lebih dari 200 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang tersebar dan membentang di berbagai wilayah dan kepulauan di Indonesia.

“Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk mengakses informasi atau menyelesaikan kendala kapan pun dibutuhkan tanpa harus menunggu antrean layanan konvensional,” ujarnya.

Sementara Chief Marketing  Smartfren Officer XLSMART, Sukaca Purwokardjono menambahkan,  Sarah tersedia 24 jam setiap hari melalui interaksi berbasis percakapan. Saat ini, Sarah dapat menjawab pertanyaan pelanggan, mulai dari cek kuota, Informasi paket dan tagihan , hingga informasi product promo.

Baca juga :   Membuka Peluang Kokreasi untuk Generasi Konten, Smartfren Luncurkan WOWLabs

“Dengan kemampuannya untuk merespons secara real-time, layanan ini menawarkan customer experience yang lebih menyenangkan. Dengan mempelajari preferensi customer, akan meningkatkan kepuasan pelanggan karena mereka merasa diperlakukan secara personal, meskipun berinteraksi dengan sistem otomatis,” ungkapnya.

Saat ini Sarah sudah menanggapi sekitar 120 ribu pelanggan, dimana 55% diantaranya merasa puas. Dengan dukungan teknologi GenAI yang terus belajar, kemampuan Sarah akan semakin akurat seiring waktu, menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: asisten virtualGeneratif AI (GenAI)layanan pelanggan (customer service)PT XLSMART Telekom SejahteraSarahSmartfren
Previous Post

Pemerintah Akan Buat Sistem Rating dan Atur Batas Usia untuk Game Online

Next Post

Samsung Innovation Campus 2025, Dorong Matematika Jadi Solusi Digital Berdampak

Related Posts

Integrasikan Teknologi Terkini Smartfren Perluas Layanan Ke Area Baru di Indonesia
Headline

Integrasikan Teknologi Terkini Smartfren Perluas Layanan Ke Area Baru di Indonesia

18 September 2025
0
Apresiasi Pelanggan, XLSmart Gelar Pagelaran Musik, Seni Budaya dan Fun Bike
News

Apresiasi Pelanggan, XLSmart Gelar Pagelaran Musik, Seni Budaya dan Fun Bike

15 September 2025
0
Layanan Pelanggan Smartfren Semakin Luas dan Fleksibel di Berbagai Platform
News

Layanan Pelanggan Smartfren Semakin Luas dan Fleksibel di Berbagai Platform

21 Juli 2025
0
Load More
Next Post
Samsung Innovation Campus 2025, Dorong Matematika Jadi Solusi Digital Berdampak

Samsung Innovation Campus 2025, Dorong Matematika Jadi Solusi Digital Berdampak

AJARI.ai

Startup Pendidikan Berbasis AI AJARI.ai Raih Pengakuan Global Di Presight AI-Startup Accelerator

Lintasarta AI Merdeka

Dukung Kedaulatan AI Indonesia, Lintasarta Perkenalkan “AI Merdeka”

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version