youngster.id - Shopback coba melakukan survei untuk mengetahui e-commerce dan ride sharing yang menjadi pilihan konsumen di Tanah Air. Mereka bertanya ke 2.400 responden di tujuh kota besar, yakni Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Bali, Banjarmasin, Yogyakarta dan Makassar.
Dari survei tersebut menempatkan Tokopedia sebagai toko online favorit responden. Selanjutnya disusul oleh Shopee di tempat kedua dan kemudian Lazada.
“Kami menanyakan kenapa memilih ketiga e-commerce ini kepada responden. Kebanyakan menjawab karena free ongkir (gratis ongkos kirim) dan diskon,” ungkap Indra Yonathan, Country General Manager Shopback Indonesia, Selasa (5/9/2017) di Jakarta.
Minat konsumen belanja online tehradpa diskon, bebas ongkos kirim dan cashback ternyata lebih tinggi. Hal ini dibandingkan program promosi lainnya seperti buy one get one free, atau belanja produk tertentu dengan bonus mendapatkan produk lain secara cuma-Cuma.
Survey itu juga mendapatkan hasil untuk layanan ride sharing terfavorit adalah Go-Jek. Sementara Grab duduk di posisi kedua, sedang Uber di peringkat tiga.
“Kenapa Go-Jek banyak dipilih karena tarifnya lebih murah dan aman. Selain itu, mereka dinilai memiliki lebih banyak pengemudi,” kata Indra.
Menurut Indra, mayoritas konsumen online adalah kalangan muda berusia 15 hingga 35 tahun. “Mereka sangat produktif dan memiliki banyak kebutuhan yang harus diwujudkan,” ujarnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post