SIRCLO Store Bantu UMKM Sinkronisasi Bisnis Dengan Berbagai Marketplace

SIRCLO Store

Tampilan fitur Cekatan yang ada di SIRCLO Store. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Kehadiran beragam marketplace daring yang kian menjamur di Indonesia boleh saja memberikan semakin banyak opsi bagi konsumen untuk berbelanja online, namun seiring dengan semakin banyaknya kanal marketplace ini, muncul pula tantangan baru bagi para seller pelaku UMKM yang harus gesit dalam mengelola pesanan di berbagai kanal marketplace sekaligus.

Jika tantangan tidak diatasi dengan baik, akan memunculkan berbagai inefisiensi dari sisi operasional maupun bisnis. Laporan Dampak SIRCLO Group 2022 menunjukkan bahwa pelaku UMKM membutuhkan waktu hingga 15 jam dalam sehari untuk mempersiapkan penjualan online. Tidak hanya itu, mereka juga harus mengorbankan hingga 6 jam setiap harinya untuk mengelola inventaris dan pesanan penjualan setiap harinya.

Untuk menyiasati hal tersebut, Sirclo Store menghadirkan teknologi integrasi marketplace. Chief Product Officer of Entrepreneur Solutions SIRCLO Leontius Pradhana menjelaskan, fitur ini merupakan sistem manajemen/sinkronisasi marketplace yang memungkinkan pebisnis untuk mengelola stok, mengatur pengiriman, memperbaharui katalog produk, hingga membalas chat pelanggan di banyak kanal marketplace hanya dalam satu dasbor.

“SIRCLO Store akan terus mengembangkan kapabilitas dan teknologi fitur Integrasi Marketplace demi mendukung para pegiat UMKM dalam mengelola toko mereka di berbagai marketplace berbeda. Kami harap, kehadiran fitur ini dapat membantu brand meminimalisir kendala dari sisi manajemen dan operasional, sehingga mereka dapat menjalankan bisnis dengan semakin efisien dan dapat berfokus pada pengembangan dan peningkatan kualitas produk serta profitabilitas,” kata Leontinus dalam keterangan pers, Kamis (13/10/2022).

Pengguna yang mengaktifkan fitur Integrasi Marketplace ini mengalami pertumbuhan sebesar 75%.   Saat ini sudah terdapat 9 marketplace yang telah terintegrasi dengan SIRCLO Store, yakni Tokopedia, Shopee, Lazada, TikTok Shop, Zalora, JDID, Blibili, Zilingo, dan Bukalapak. Mayoritas pengguna fitur Integrasi Marketplace di SIRCLO Store setidaknya mengintegrasikan dua sampai dengan tiga marketplace ke dalam bisnis mereka.

Tidak hanya itu, fitur Integrasi Marketplace ini juga dapat terhubung ke layanan Chat yang terdapat di masing-masing marketplace secara otomatis, memungkinkan pebisnis untuk mengelola toko dengan lebih efektif dan biaya operasional yang semakin tepat sasaran.

Menurut Leontinus, untuk mendukung UMKM agar dapat terus mengembangkan bisnis secara digital, SIRCLO Store juga memiliki berbagai fitur lain yang dapat melengkapi akselerasi bisnis online UMKM, yakni fitur pembuatan situs toko online dan solusi berjualan melalui WhatsApp dengan Chat Commerce.

“Pebisnis juga dapat menggunakan berbagai template situs, mengaktifkan fitur pemantauan performa penjualan di website toko online, hingga mengaktifkan fitur Resi Otomatis untuk mengirim produk ke pelanggan secara lebih mudah, dengan biaya berlangganan terjangkau,” pungkasnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version