youngster.id - Data Populix di laporan riset Embracing Ramadhan 2022, menyebut bulan Ramadan menjadikan masyarakat memiliki beberapa kebiasaan belanja yang berbeda. Pemilik bisnis harus dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualan mereka.
Transaksi belanja online yang berlangsung di SIRCLO di bulan Ramadan juga menunjukkan tren yang serupa. Berdasarkan data internal SIRCLO, jumlah transaksi di SIRCLO Store meningkat sebanyak hampir 80% di bulan Ramadan tahun 2021 lalu. Menariknya, merchant-merchant terpopuler didominasi yang menjual produk fesyen.
CEO Entrepreneur Solutions SIRCLO Ferry Tenka mengatakan, tren yang terlihat di data SIRCLO, setiap kali bulan Ramadan dan Idul Fitri tiba, transaksi belanja online selalu menunjukkan peningkatan pesat. Penting bagi para pemilik bisnis memanfaatkan momentum ini untuk memaksimalkan keuntungan.
“Oleh karena itu, di Ramadan tahun ini, SIRCLO Store ingin mendorong pengguna kami yang mayoritas merupakan pebisnis UMKM dengan menciptakan beragam inisiatif yang kami harap dapat membuat mereka bisa berjualan online dengan mudah dan praktis di berbagai kanal,” kata Ferry dalam keterangannya, Jumat (8/4/2022).
Untuk itu, SIRCLO Store, sebuah dasbor toko online untuk UMKM berjualan di berbagai platform, termasuk website, marketplace, dan chat commerce membuat beragam solusi dan inovasi untuk mendukung para merchant-nya di bulan Ramadan ini. Melalui kampanye #RamadanBisa, SIRCLO Store mencoba mendampingi para merchant dengan program-program yang mendukung mereka untuk meningkatkan penjualan di bulan penuh berkah ini.
“Keuntungan dan kemudahan yang kami tawarkan ini tidak hanya dapat dinikmati untuk para merchant saja, ada juga berbagai macam insentif yang bisa digunakan oleh para konsumennya. Kami harap, dampak kebaikan di bulan suci ini dapat dirasakan oleh semua dan bisa membantu semakin banyak UMKM menuai berkah di bulan suci ini,” tutur Ferry.
Layanan SIRCLO Store ini diakui Diasty Hardhikaputri pemilik Nawasana sangat membantu pelola produk fesyen muslim.
“UMKM seperti kami biasanya adminnya tidak banyak, sehingga fitur otomatisasi yang terhubung dengan berbagai channel penjualan ini membantu sekali, apalagi di saat peak season,” ujar Diasty. Dia mengaku semenjak menggunakan SIRCLO Store, Nawasana mengalami peningkatan transaksi hingga dua kali lipat.
Hal senada diungkapkan Karisma Indrajayanti, Founder Les Celle, jenama penyedia produk dan layanan pengemasan hampers atau bingkisan. Les Celle merupakan salah satu merchant SIRCLO Store yang secara penuh melakukan aktivitas penjualan secara daring via Webstore dan Chat Commerce. Menurut Karisma, kedua kanal ini paling sesuai untuk Les Celle yang produknya customized dan personalized.
“Di webstore, pengguna bebas menuliskan ucapan di kolom notes yang karakternya tidak dibatasi. Hal yang sama terjadi jika pemesanan dilakukan via Chat Commerce di mana konsumen bisa lebih leluasa untuk melakukan tanya jawab terkait produk maupun menjelaskan secara detail seperti apa model hampers yang diinginkan,” kata Karisma.
STEVY WIDIA
Discussion about this post