youngster.id - Social Bella semakin memperkuat jaringan ekosistemnya dengan membuka jaringan distribusi produk kecantikan melalui perusahaan afiliasi, PT Semesta Distribusi Indonesia (SDI). Sebagai langkah pembuka dalam memperkuat jaringan distribusi, SDI telah menggandeng lebih dari 55.000 rekan peritel, baik di Modern Trade (MT) dan General Trade (GT) di seluruh kota besar di Indonesia.
Helmi Prasetyo selaku VP Commercial PT Semesta Distribusi Indonesia (SDI) mengungkapkan, infrastruktur distribusi produk merupakan hal fundamental bagi sebuah perusahaan untuk berkembang. Namun, hal ini justru sering menjadi kendala besar yang menghambat pertumbuhan usaha terutama di Indonesia.
“Kami melihat ada gap antara pemilik brand dengan peritel. Di satu sisi pemilik brand dengan produk yang berkualitas tinggi dan strategi marketing yang begitu kreatif terhambat karena jaringan distribusi mereka yang terbatas. Di sisi lain, peritel justru mencari brand/produk yang menarik, namun tidak memiliki akses distribusi, channel komunikasi dan data mengenai produk yang diminati masyarakat. Kebutuhan ini yang akan kami penuhi melalui SDI,” kata Helmi dalam keterangannya, Jumat (14/8/2020).
Menurut dia, sebagai bagian dari ekosistem Social Bella, SDI memiliki akses ke ratusan brand kecantikan, data tren, infrastruktur distribusi cabang dan warehouse, serta tim on-the-ground yang sudah berpengalaman di industri ini. Melalui SDI, Social Bella membuka akses distribusi yang lebih luas dan komprehensif bagi para mitra peritel, pelanggan, sekaligus menyediakan one-stop service bagi pemilik brand kecantikan dan perawatan diri.
“Dengan teknologi yang dikembangkan oleh Social Bella, pelanggan dapat mengetahui secara langsung proses pengiriman, pembayaran, komplain, update produk, serta promosi secara real time. Sementara itu, bagi pemilik brand, SDI lewat tim brand development-nya dapat membantu memberikan insight tentang pemilihan produk ataupun pendekatan yang tepat untuk memasuki suatu pasar. SDI juga menyediakan saluran distribusi melalui ekosistem penjualan yang luas lewat tim trade marketing,” paparnya.
Saat ini, SDI yang telah memiliki cabang resmi di 24 kota, 16 sales point, dan 10 sub distributor di seluruh Indonesia ini juga akan membantu peritel untuk mempermudah transaksi, pengiriman serta penyampaian komplain. Kedepannya, SDI akan terus membangun titik distribusi yang lebih luas.
“Dengan adanya jaringan SDI dan pengalaman kami di industri kecantikan, pemilik brand dapat melakukan distribusi produk mereka ke seluruh channel toko ritel di kota besar di Indonesia tanpa harus melakukan investasi besar dan mengambil resiko besar dalam pemilihan toko yang cocok tanpa benchmarking. Selama ini, melalui ekosistem kami yang komprehensif serta jaringan kami yang luas, kami sudah membantu pengembangan brand-brand ternama seperti Mediheal, COSRX, Ariul, Secret Key dan brand brand lainnya di Indonesia,” jelas Helmi.
Helmi optimis bahwa SDI dapat menjadi solusi bagi pengembangan bisnis brand serta mendorong industri kecantikan di Indonesia tumbuh lebih maju. Apalagi melihat potensi industri kecantikan yang cukup besar ditambah dengan ketahanan industri ini telah terbukti di masa-masa krisis.
STEVY WIDIA
Discussion about this post