youngster.id - Baru-baru ini Microsoft mengumumkan bahwa produk unggulannya Microsoft 365 Copilot kini mendukung Bahasa Indonesia. Hal ini memungkinkan organisasi dengan cepat mengadopsi solusi transformasi digital untuk tetap kompetitif.
Tool ini memungkinkan pengintegrasian AI ke dalam kegiatan operasional bisnis sehari-hari, sehingga karyawan dapat fokus pada tugas-tugas bernilai tinggi yang mendorong pertumbuhan organisasi.
Ricky Haryadi, Go-To-Market Lead, AI at Work & AI for Cybersecurity Microsoft ASEAN mengatakan, dengan Microsoft 365 Copilot yang kini mendukung Bahasa Indonesia, pihaknya membuka peluang baru bagi organisasi untuk mentransformasi cara kerja, memungkinkan mereka untuk meningkatkan produktivitas, mengembangkan kreativitas, dan mendorong kualitas kerja, dengan proteksi tingkat enterprise serta praktik AI yang bertanggung jawab.
“Copilot hadir untuk membantu dalam segala hal, mulai dari meringkas serta membuat dokumen, hingga melakukan analisis data yang kompleks. Semuanya dalam bahasa yang terasa alami bagi pelanggan kami di Indonesia. Dengan hampir 70% dari 500 fortune companies kini menggunakan Microsoft 365 Copilot, kami terus menambahkan inovasi baru, mulai dari produktivitas personal hingga transformasi proses bisnis, dengan kapabilitas baru seperti Copilot Actions, Agents, dan Copilot Control System,” kata Ricky, dikutip Jum’at (6/12/2024).
Salah satu perusahaan yang sudah mengopsi solusi ini adalah Telkomsel, dengan tujuan untuk meningkatkan kecepatan dan kualitas dalam kegiatan operasi mereka sehari-hari, serta mencapai hasil optimal.
Sebagai pengguna awal Microsoft 365 Copilot, Telkomsel, misalnya, telah merasakan peningkatan produktivitas yang signifikan sejak mengadopsi solusi ini. Dampak signifikan yang didapat antara lain mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan tugas-tugas repetitif, meningkatkan kualitas kerja, dan memfokuskan sumber daya untuk aktivitas yang lebih strategis.
Wira Manuara, Vice President IT Corporate Solutions dan Cloud CoE Telkomsel mengatakan, saat ini Telkomsel sudah memanfaatkan solusi itu untuk Di divisi Pemasaran, Keuangan, dan Manajemen Solusi Bisnis.
“Microsoft 365 Copilot telah memberikan dampak transformasional bagi operasi kami sehari-hari. Ini memungkinkan tim kami untuk fokus pada inisiatif strategis yang mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Penggunaan Microsoft 365 Copilot dalam Bahasa Indonesia akan membuatnya lebih mudah diakses dan semakin efektif bagi tim kami,” kata Wira.
Dijleaskan Wira, tim pemasaran, misalnya, menggunakan Microsoft 365 Copilot untuk menyederhanakan program-program pemasaran, channel management, dan pembuatan kampanye, serta meningkatkan lead generation. Ada sejumlah peningkatan penting yang tercatat, seperti pengurangan waktu yang dihabiskan untuk merekap detail rapat–dari 2 jam per rapat menjadi 30 menit–dan pembuatan presentasi yang semakin berkualitas berkat penghematan waktu tersebut. Microsoft 365 Copilot secara signifikan juga telah meningkatkan kualitas output untuk pembuatan konfigurasi persona dengan merangkum 3.000 percakapan yang biasanya memakan waktu pemrosesan hingga 2 hari menjadi hitungan menit.
Di sisi lain, tim Manajemen Solusi Bisnis dapat memperoleh wawasan tentang perkembangan industri hanya dalam waktu 10 menit, dari yang tadinya 2 hari; dan menganalisis sentimen pelanggan dalam waktu 2 hari, dari yang tadinya 1 minggu. Waktu pemecahan masalah untuk system logs sekarang juga cukup memakan 30 menit, dari yang dulunya 3 jam. Data-data ini mencerminkan penghematan waktu yang sangat signifikan.
Sementara itu, tim keuangan mampu menciptakan dokumentasi yang lebih detail – dengan 5 justifikasi dan dokumen pemrosesan tambahan. Mereka juga mampu menyusun dokumen teknis lainnya 3 kali lebih cepat. Wawasan yang berhasil diambil dari dokumen pendukung pun menjadi 30% lebih komprehensif dibandingkan sebelumnya. Pencapaian-pencapaian ini sejalan dengan Proyeksi Dampak Ekonomi Total dari Microsoft 365 Copilot yang diterbitkan oleh Forrester. (*AMBS)