Solve Education! Dorong Anak Muda Belajar Bahasa Inggris Sambil Bermain Game

konten game

Konten terkait video game digemari anak muda. (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Pendidikan bahasa Inggris menjadi sangat penting untuk dikuasai oleh anak Indonesia pada masa kini dan akan datang agar lebih kompetitif dalam meraih cita-cita mereka. Namun, peringkat keterampilan bahasa Inggris di Indonesia masih berada di posisi 5 dari 9 negara di ASEAN.

Hal ini mendorong Solve Education! untuk membantu anak muda Indonesia meningkatkan kompetensi bahasa Inggris untuk mengakses keahlian yang berguna untuk masa depan mereka melalui solusi berbasis game.

Direktur Pelaksana Solve Education Indonesia Talitha Amalia mengatakan pendekatan belajar bahasa Inggris melalui game yang dilakukan oleh Solve Education! sejalan dengan hasil survei dari Rakuten Insight pada bulan Maret 2022, yang menyatakan bahwa 72% responden Indonesia berusia 16-24 tahun bermain online game. Survei tersebut juga menyatakan bahwa kebanyakan pemain game dari Indonesia bermain online game setiap hari.

“Maka dari itu, game cocok digunakan sebagai media belajar karena sifatnya yang menyenangkan, sehingga pelajar dapat mengakses pembelajaran tanpa merasa bahwa mereka sedang belajar,” kata Talitha dalam siaran pers, Jumat (27/5/2022).

Platform belajar Solve Education! menunjukkan dampak yang besar terhadap para pelajar. Hingga 2021, pengguna platform Solve Education! memainkan 2,4 juta mini-lesson dan 66 tantangan belajar. Sebanyak 91% pelajar menunjukkan peningkatan setelah belajar di platform game Dawn of Civilization dan Ed the Learning Bot.

Solve Education juga menemukan bahwa fitur-fitur permainan seperti aliansi, misi, dan papan peringkat membantu pelajar meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Solve Education! bekerja sama dengan berbagai mitra untuk menjangkau lebih banyak orang.

Untuk mendorong hal itu, Solve Education! melanjutkan kemitraan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan memulai kemitraan dengan Pemerintah Kota Semarang. Kerja sama antara Solve Education! dengan pemerintah daerah ini menjangkau sekolah-sekolah dan komunitas belajar lokal yang membutuhkan program pendidikan relevan di abad 21.

Solve Education! membangun platform terbuka berbasis gim agar proses belajar menjadi menarik dan menyenangkan. Tim Solve Education! terdiri dari ahli pendidikan, ahli teknologi, guru dan eksekutif bisnis berpengalaman yang berkomitmen untuk menutup kesenjangan pendidikan di Indonesia, sedikit demi sedikit. Pada 2020, Solve Education! mendapat penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai pembuat game pendidikan terbaik dalam skala nasional. Selain itu, Solve Education! juga adalah pemenang Singtel Future Makers di tahun 2017.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version