SPBH Antarkan Dede Miftahul Anwar Juara Nasional WMM 2016

Dede Miftahul Anwar Juara 1 Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2016, Kategori Wirausaha Teknologi non Digital (Foto: upi.edu)

YOUNGSTER.id - Mahasiswa Departemen Pendidikan Kimia FPMIPA UPI, Dede Miftahul Anwar, meraih Juara 1 kompetensi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2016, yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri Tbk. Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Rabu (9/3/2016).

Dede berhasil mewakili Regional Jawa Barat dalam Kategori Teknologi non Digital ke tahapan Nasional. Di tahapan Regional terpilih 80 peserta WMM yang berasal dari perguruan tinggi se-Indonesia dari 6.800 peserta yang terseleksi. Pada tahap nasional Dede Miftah berhasil mengalahkan 80 peserta menjadi pemenang juara 1 WMM 2016.

Dede menerima uang pembinaan senilai Rp 50 juta dan pendampingan inkubasi bisnis selama 6 – 12 bulan.

Dalam event tersebut Dede mempresentasikan makalah bisnis plan yang berjudul “Saung Pengisisan Bahan Bakar Hidrogen (SPBH)”. SPBH merupakan prasarana untuk pengisian bahan bakar di pedesaan guna memenuhi kebutuhan energi bagi masyarakat.

“Istilah saung digunakan agar dapat bersentuhan langsung dengan masyarakat. Produknya berupa gas hidrogen yang berguna sebagai bahan bakar pengganti LPG pada kompor gas, yang memiliki keunggulan seperti harganya sangat terjangkau, memiliki energi sekitar 2,75 kali lebih besar daripada bahan bakar fosil, dapat diperbaharui, bahan baku air keran, lebih ramah lingkungan, dan aman untuk digunakan,” kata Dede. Dilansir dari laman UPI.

Ide mengembangkan SPBH, lanjut Dede, berawal ketika masuk kuliah pada tahun 2013. Saat itu harga BBM naik yang menyebabkan harga sembako naik serta kisruh masyarakat atas tuntutan pada pemerintah terkait harga bahan bakar tersebut.

“Ide itu muncul seketika dan dilakukanlah penelitian terkait energi yang berpotensial itu selama 3 tahun hingga saat ini,” ujar Dede.

Dijelaskan Dede, harga Hidrogen dipasaran saat ini sekitar US$ 3000/unit. Sementara itu, CV ENERGON melalui SPBH ini dapat menjual hidrogen dengan harga Rp 21.000/3L. Karena material yang digunakan sangat murah namun tidak mengurangi fungsinya untuk memproduksi hidrogen. Hanya bermodalkan air keran dapat melahirkan potensi bisnis yang potensial.

Dede berencana akan mengembangkan SPBH cabang Bandung dengan merekrut mahasiswa UPI yang berkompeten di bidangnya. Khususnya mahasiswa yang ingin terjun ke dunia bisnis, sekaligus riseters terkait energi terbarukan. “Saya juga akan mendaftarkan hak paten untuk produk dan brand-nya ke HKI, serta melakukan uji SNI dalam segala aspek baik kualitas maupun keamanannya,” tukas Dede bersemangat.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA