youngster.id - Alibaba mengumumkan inisiatif bernama Sprout Up untuk memudahkan Industri Kecil dan Menengah (IKM) maupun UKM berorientasi ekspor. Di Indonesia, Alibaba bekerja sama Andalin, ATT Group, dan Sinergi Sukses Digitalindo (SSD).
Sprout Up merupakan bagian dari inisiatif Alibaba Group bertajuk ‘Spring Thunder’. Melalui inisiatif ini, Alibaba.com mendukung IKM dan UKM di tiga bidang yakni proses on-boarding, akses ke berbagai solusi bisnis, dan layanan yang disesuaikan untuk meningkatkan kapabilitas perdagangan pelaku usaha. Caranya dengan memanfaatkan peluang perdagangan Business to Business (BtoB) yang tersedia di pasar global, melalui platform online.
General Manager Alibaba.com Zhang Kuo mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi digital dan ketidakpastian bisnis di tengah pandemi corona membawa perubahan mendasar pada model bisnis perdagangan BtoB global. Hanya, banyak pelaku UKM dan UKM yang kesulitan memanfaatkan pasar global dan transformasi besar yang sedang terjadi. Oleh karena itu, Alibaba menggelar inisiatif Sprout Up.
“Di tengah perubahan lanskap perekonomian akibat pandemi virus corona, kami akan menghadirkan akses pasar dan peluang perdagangan global yang lebih baik dengan memanfaatkan platform digital dan keahlian yang kami miliki selama dua dekade,” kata Kuo dalam siaran pers, Rabu (17/6/2020).
Anggota supplier baru akan didaftarkan dalam program 90 hari onboarding di Alibaba.com, yang bertujuan meningkatkan traffic dan menghasilkan peluang bisnis tambahan.
Perusahaan menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk mencocokkan pembeli dan penjual, yang diklaim cepat dan akurat. Selain itu, pelaku IKM dan UKM yang mendaftar untuk menjadi anggota supplier sebelum 30 Juni akan mendapatkan potongan 5% dari biaya keanggotaan tahunan.
STEVY WIDIA
Discussion about this post