Kamis, 29 Mei 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Startup Digital Hub NFC Indonesia Bakal Melantai di Bursa

18 Juni 2018
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Startup Digital Hub NFC Indonesia Bakal Melantai di Bursa

NFC merupakan anak usaha MCAS. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Perusahaan digital hub, PT NFC Indonesia berencana melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 10 Juli 2018. Saat ini, NFC Indonesia sudah menjalankan dua linis bisnis yakni NFC Exchange dan OONA TV.

Kendati masa penawaran ini dilakukan pada saat libur lebaran, Chairman NFC sekaligus Direktur MCash Integrasi, Suryandy Jahja optimistis peminatnya akan besar.

“Komposisinya, 60% porsi investor lokal, 40% asing. Saat ini sudah ada beberapa anchor investor,” ujar Suryandy dalam paparan publik belum lama ini di Jakarta.

Perusahaan akan menawarkan 166.667.500 lembar saham baru, dengan kisaran harga saat penawaran umum perdana (Initial Public Offering/IPO) Rp 1.500 – 2.000 per saham. Dengan begitu, dana segar yang mungkin didapat sekitar Rp 250 hingga Rp 333,3 miliar.

Suryandy menyatakan, proses penjamin emisi saham untuk menentukan harga jual dengan melihat minat beli (book building) pun sudah dimulai sejak 8 hingga 22 Juni 2018 nanti.

Baca juga :   Tumbal, Game Horor Dari Indonesia

Menurutnya, sebanyak 60% dana yang diperoleh dari IPO akan dipakai perusahaan untuk modal kerja. Lalu, 30% untuk investasi pengembangan lini bisnis baru di bidang digital dan peningkatan teknologi. Sisanya, bakal dipakai untuk menambah pegawai.

“Tahun lalu kami untung. Kami bukan startup yang mengandalkan utang,” ujar Presiden Direktur NFC Indonesia Abraham Theofilus.
NFC merupakan anak usaha Mcash yang telah lebih dulu melantai di bursa. Saat ini, NFC Indonesia sudah menjalankan dua linis bisnis yakni NFC Exchange dan OONA TV. NFC Exchange merupakan lini bisnis untuk mendistribusikan pulsa. Bursa ini menjadi tempat bagi agen pulsa yang ingin menjual ataupun membeli, termasuk MCash sebagai penyedia layanan digital dan Payment Point Online Bank (PPOB).

Baca juga :   Tips Magang di Perusahaan IT Ternama Dari Lulusan Program Bangkit

Sementara OONA TV, merupakan fitur televisi interaktif gratis di bawah PT OONA Media Indonesia yang diakuisisi NFC Indonesia pada tahun lalu. Aplikasi OONA TV dalam versi beta diluncurkan sejak tiga pekan lalu, dan sudah digunakan oleh 20 ribu pengguna.

Yang menarik, OONA TV berencana mengembangkan uang digital bernama TCoint. Misalnya, pengguna yang menonton iklan melalui OONA TV selama semenit akan mendapat sekian TCoint. TCoint ini nantinya bisa ditukarkan dengan produk lain, seperti pulsa, ataupun produk-produk perusahaan yang bermitra dengan NFC Indonesia.

Guna memonetisasi layanan televisi gratis ini, perusahaan mengintegrasikannya dengan big data. Penonton OONA TV akan dilihat demografinya, mulai dari jenis kelamin, umur, hobi, hingga media sosialnya. Hal itu memungkinkan karena layanan dilengkapi dengan fitur percakapan, yang akan memandu pengguna pertama untuk mencamtumkan akun media sosialnya. Data yang diperoleh bakal dimonetisasi untuk menggaet pengiklan.

Baca juga :   GoTo Targetkan Raih Dana Segar Rp15,2 Triliun Lewat IPO

Keseluruhan lini, baik NFC Exchange, OONA TV, dan big data ini saling terintegrasi karena perusahaan memanfaatkan Application Programming Interface (API). Tahun ini, perusahaan juga bakal meluncurkan dua platform yakni SelaluAda.com dan Tawarin.com. SelaluAda bergerak pada jual beli barang baru. Sedangkan Tawarin fokus pada penjualan barang bekas.

“Uang dari IPO akan kami gunakan untuk mengembangkan kedua platform ini. Semoga tahun ini bisa dirilis,” ujar Direktur NFC Indonesia Iwan Suryaputra.

Nantinya, kedua e-commerce ini bakal mengandalkan Quick Respone (QR) Code untuk pemasaran produknya. Tak hanya itu, NFC Indonesia tengah mengkaji tiga lini exchange yakni bursa kerja, komoditas, dan digital advertising. Selain itu, sistem pembayaran juga bakal digarap dan akan terhubung dengan semua lini bisnis termasuk MCash.

STEVY WIDIA

Tags: Initial Public Offering (IPO)PT NFC Indonesia
Previous Post

Asuransi Ini Beri Perlindungan Bagi Perangkat Elektronik

Next Post

Yahoo Messenger Bakal Disetop Juli 2018

Related Posts

Fore Coffee x East Ventures
Headline

East Ventures Dukung Rencana IPO Startup Fore Coffee

22 Maret 2025
0
Initial Public Offering (IPO)
Headline

Tahun 2024 Jumlah IPO di Asia Tenggara Mengalami Penurunan, Termasuk Indonesia

20 November 2024
0
Deloitte - bursa saham
Headline

Deloitte: Bursa Saham Indonesia Terkuat Keempat di Dunia pada 2023

18 November 2023
0
Load More
Next Post
Yahoo Messenger Bakal Disetop Juli 2018

Yahoo Messenger Bakal Disetop Juli 2018

Remaja

Persona, Platform Tes Psikologi Berbasis Kecerdasan Buatan

Dompet Dhuafa Tebar Zakat Fitrah Hingga Pelosok Negeri

Dompet Dhuafa Tebar Zakat Fitrah Hingga Pelosok Negeri

Discussion about this post

Recent Updates

British Council

Kolaborasi British Council & HSBC Membangun Keterampilan Iklim di Kalangan Anak Muda

28 Mei 2025
Demi Strategi Jangka Panjang Sun Life Indonesia Rombak Pucuk Pimpinan

Demi Strategi Jangka Panjang Sun Life Indonesia Rombak Pucuk Pimpinan

28 Mei 2025
OYO - samurai hotel sanur

Pemesanan Korporat OYO Tumbuh Sebesar 145% YoY

28 Mei 2025
wirausaha sosial

Ajak Wirausaha Sosial Beri Dampak Positif, DBS Foundation Grant Programme Kembali Digelar

28 Mei 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Sylvia Surya

Sylvia Surya : Sukses “Mengembangbiakan” Kedai Kopi Melalui Cara Waralaba

14 April 2022
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
British Council

Kolaborasi British Council & HSBC Membangun Keterampilan Iklim di Kalangan Anak Muda

28 Mei 2025
Demi Strategi Jangka Panjang Sun Life Indonesia Rombak Pucuk Pimpinan

Demi Strategi Jangka Panjang Sun Life Indonesia Rombak Pucuk Pimpinan

28 Mei 2025
OYO - samurai hotel sanur

Pemesanan Korporat OYO Tumbuh Sebesar 145% YoY

28 Mei 2025
wirausaha sosial

Ajak Wirausaha Sosial Beri Dampak Positif, DBS Foundation Grant Programme Kembali Digelar

28 Mei 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version