Startup Perlu Belajar Sudut Pandang Investor

Acara Startup Pitch Day di Depok. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

youngster.id - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan Startup Pitch Day, workshop pitching bagi para startup di Depok, dari 30 Agustus – 23 September 2016. Ajang ini membuka peluang pada para startup founders untuk mengetahui sudut pandang para investor.

Fadjar Hutomo, Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf mengatakan, Bekraf memberi peluang pada para startup founders untuk mengetahui sudut pandang para investor dalam menentukan startup yang diberi investasi. Startup Pitch Day juga melatih para startup founders agar bisa lebih terampil berbicara dengan para investor melalui pelatihan pitching. Melalui event ini, Bekraf membuka akses permodalan bagi startup di sektor industri kreatif.

“Bekraf ingin menyediakan peluang akses permodalan yang lebih besar bagi startup di Indonesia. Para startup founders kami pertemukan dengan para investor untuk memahami pola pikir investor dalam mengambil keputusan startup mana yang akan mereka pilih. Di sini, juga muncul pelatihan pitching. Tujuan akhir dari event ini adalah terciptanya ekosistem startup di bidang ekonomi kreatif dan memperbesar peluang startup dalam mendapatkan permodalan”, papar Fadjar saat ditemui Youngsters, Selasa (30/8/2016) di Depok, Jawa Barat.

Para workshop yang bertajuk ”˜Startup Pitch Day”™ ini para peserta akan mendpatkan pemaparan dari para narasumber berpengalaman mereka dalam hal akses permodalan dan investasi. Selain itu, para startup founders pilihan ini akan bertemu lebih banyak startup founders lainnya dan bisa belajar satu sama lain. Mereka juga memiliki kesempatan berinteraksi dengan investor untuk memahami sudut pandang investor tentang informasi yang dibutuhkan investor dalam mengambil keputusan untuk melakukan investasi.

Salah satu peserta pada Startup Pitch Day Depok adalah William Budihardjo. Sejak awal 2016, ia merintis Xwork, sebuah startup yang menawarkan booking ruangan secara online. William telah mendapat investor dari GnB Fenox.

“Saya hadir di Startup World Cup Indonesia 2016 yang diselenggarakan Bekraf dan termotivasi untuk mengikuti ajang serupa. Saya cari di Internet dan menemukan informasi bahwa Bekraf menyelenggarakan Startup Pitch Day di 5 kota. Saya langsung apply program tersebut. Saya mendapat pemberitahuan melalui telepon dan email jika saya terpilih mengikuti event di Depok. Harapan saya join di event ini adalah mendapatkan funding dari investor,” terang founder Xwork William Budihardjo.

Harapan serupa juga disampaikan oleh startup founder Kostoom Putri Yulia. Startup yang mengawali usahanya melalui keyakinan untuk meningkatkan kesejahteraan penjahit ini, mendaftar Startup Pitch Day juga untuk mengetahui cara mendapatkan investor.

“Kostoom adalah usaha rintisan di bidang jasa online untuk memberdayakan penjahit rumahan. Startup ini adalah home reseller dan fashion designer. Pelanggan kami yang membuat desain baju yang ingin mereka jahit. Kami menerima desain tersebut dan menyerahkan ke penjahit. Terkadang bahan disediakan oleh pelanggan, tetapi kami juga bekerjasama dengan penjual bahan pakaian jika pelanggan ingin pesan dari kami. Pelanggan kami beragam yaitu dari pelanggan pribadi maupun penjual baju yang menginginkan jahitan dari kami,” ungkap Putri.

Bekraf bekerjasama dengan perusahaan modal ventura Kinara dalam menggelar ”˜Startup Pitch Day”™ di 5 kota di Indonesia, yaitu Depok, Medan, Malang, Bandung dan Denpasar. Ada kurang lebih 30 startup peserta di tiap kota tersebut. Dan Bekraf akan memilih 5 startup founders dari masing-masing daerah untuk dipertemukan dalam event final di Bali pada 24-26 September 2016.

Proses pendaftaran dan pengelolaan workshop ini bekerjasama dengan berbagai coworking space dan komunitas pendukung ekosistem industri kreatif di 5 kota. Penyelenggaraan event yaitu di Code Margonda, Depok pada 30 Agustus; Clapham Co di Medan pada 3 September; Malang Creative Fusion, Malang pada 9 September; Co&Co, Bandung pada 17 September dan Kumpul Coworking, Denpasar, pada 23 September.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version